RSS

REPARASI ARLOJI

09 Jan

reparasi ROLEX 68243

Suatu ketika ane ditelpon yg hendak mereparasikan arlojinya…
setelah ngomong panjang dan lebar sampailah pada keputusan bahwa dia tidak mau kalau arlojinya ditinggal selidik punya selidik ternyata brada kita yg satu ini sangsi kalau nanti arlojinya nanti di tuker2 mesinnya.

Nah, ini dia satu anggapan yg sering kali beredar diantara kita bahwa meski ati2 kalau reparasi arloji nanti mesinya dituker2 jadi jangan pernah meninggalkan arloji yg direparasi, nah pertanyaannya kalau ternyata kerusakannya membutuhkan waktu untuk memperbaikinya mana bisa ditungguin?

Lalu benarkah anggapan diatas bahwa mesin arloji itu bisa dituker2?
berikut akan ane jabarkan moga2 bisa membuka pemahaman kita.

MESIN ARLOJI ITU PUNYA “NAMA”

layaknya sebuah produk modern yg berjenis karya teknis pabrikan sudah barang tentu memiliki identitas atau dalam istilah teknis CALIBER nah, caliber inilah yg ane maksudkan NAMA.
sehingga setiap caliber tentu tidak sama sebagai contoh:
mesin automatik produksi ETA caliber 2836 tentunya hanya bisa digantiin ama spare part dari jenis yg sama.

setiap pabrikan mesin yang bagus sudah barang tentu mencantumkan identitas pada setiap mesin yg dibuat. hal ini untuk mempermudah identifikasi serta penggantian spare part akan lebih mudah apabila pabrikan mencantumkan serial number pada mesin yg mereka buat.
Pada mesin arloji buatan china umumnya tidak disertai serial number caliber, maka perbaikan pada mesin jenis seperti ini akan mengalami kesulitan dikarnakan tidak tersedianya importir spare part per bagian. Umumnya perbaikan pada arloji bermesin china diganti satu unit mesin. karena sistem kanibal pun belum tentu bisa sebab tiap mesin spare partnya tidak sama.

ARLOJI BERMESIN QUARTZ

apa yg diuraikan diatas berlaku untuk jenis mesin automatik, sedang pada jenis mesin quartz ada sedikit celah untuk “dimainin”. yakni pada komponen yg bernama IC (intergrated circuit) biasanya montir “nakal” akan menukar IC yg masih baru dengan IC lama (namun inipun harus dari caliber dan pabrikan yg sama. Inilah ulah tidak terpuji dari segelintir oknum watch maker maka rusaklah kridibilitas watch maker secara umum.

ulah ini pada dasarnya amat merugikan konsumen karena usia pemakaian IC jadi makin singkat. Sampai sejauh ini belum ditemukan IC palsu untuk mesin keluaran ETA QUARTZ untuk itu jangan terlalu kawatir.

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR REPARASI DI ARLOJIKU

kami sadar bahwa kami bukanlah tanpa cacat, untuk menjaga kepercayaan konsumen (baca: mitra arlojiku) kami menerapkan cara memberi laporan tertulis pada saat proses reparasi sedang dilangsungkan. mengingat proses kerja kita dengan cara barang di jemput, dikerjakan dibengkel kerja kita lalu setelah selesai barang diantar ketempat/di kirim via TIKI maka kami akan mengirimkan foto proses kerja kepada watch lover yg memperbaiki arlojinya via email. Bagi mitra arlojiku yg hendak mereparasikan arlojinya sebaiknya menghubungi ADMIN terlebih dahulu dengan meninggalkan data diri seperti nama, alamat serta alamat email agar bisa didata hal ini berguna untuk kros check dan juga mengingatkan anda jika masa berlaku garansi akan habis.

Dan pada tiap reparasi akan diberikan jaminan garansi atas spare part yg dipasang dan jaminan atas proses kerja reparasi umumnya 3bln-6bln. Pada masa garansi jika terjadi kerusakan atau masih kurang memuaskan watch lover tidak akan dipungut biaya tambahan. Kecuali salah pemakaian seperti jika sudah dinyatakan tidak bisa kedap air maka jika arloji setelah diselesai dikerjakan dan dikenakan watch lover digunakan untuk berenang/cuci tangan maka kerusakan yg ditimbulkan tidak dapat jaminan garansi free lagi.

KESIMPULAN

Jelaslah sekarang bahwa mereparasikan arloji kesayangan anda memang perlu kehati-hatian namun bukan berarti anda meski parno bukan? pergilah untuk mereparasikan arloji kesayangan ketempat yg menurut anda layak dipercaya…jika tidak/kurang percaya ya jangan direparasikan di situ (termasuk di ARLOJIKU) namun jika anda mempercayai kami untuk mereparasi arloji anda maka kami akan menjaga kepercayaan anda sekuat tenaga dan segala bentuk keluhan sekecil apapun niscaya akan kami tanggapi sebaik mungkin.
Tidak percaya? silahkan buktikan…

salam
amos

 
2 Komentar

Ditulis oleh pada 9 Januari 2011 in Artikel

 

2 responses to “REPARASI ARLOJI

  1. Nurjaman Solih

    27 Januari 2011 at 07:23

    Saya suka artikel ini, salam sukses dari tukang jam.

    makasih bro…

     
  2. johnson

    25 Februari 2011 at 16:29

    Sy suka kata2 nya, memang intinya kpercayaan dan kejujuran yg di pegang, sekali cacat , hancur lah semua
    Salam kenal yah pak amos

    Thanks bro and welcome to ARLOJIKU😉

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: