RSS

ARLOJI MERK BARU APA ITU?

04 Okt

(Berhubung banyaknya pertanyaan yg masuk akhir-akhir ini seperti perlu disajikan sebuah ulasan khusus ngebahas hal ini dengan satu pemikiran agar para watch lover sekalian tidak antipati apalagi tidak jadi beli skali lagi dasar ato motivasi penulisan artikel ini bukan mau menggurui,mendiskriditkan bukan begitu walau mungkin nantinya akan terkesan begitu mohon dipahami dengan kepala dingin dan hati yang lapang kan dah lulus ujian di bulan RAMADHAN kemarin!)

ARLOJI SEBAGAI KOMODITI

Diawal tulisan ada baiknya saya jabarkan terlebih dulu bahwa belakangan ini arloji sudah menjadi komoditi hal ini sudah bukan rahasia lagi. amat berbeda dengan era 30-40an dimana tidak semua orang bisa menghasilkan arloji (brand dengan memakai nama siempunya) dikarenakan ya jaman itu emang industri arloji amat tertutup sehingga merek arloji yg beredar rata-rata sudah ada lebih dari satu abad.

Jaman sudah berubah bro! skarang semua orang bisa bikin arloji (maksud saya mengeluarkan mereknya sendiri contoh:fossil,police,elle,nautica dsb) dari yg saya sebutkan itu kan rata-rata tidak memiliki sejarah panjang dalam pembuatan arloji,bahkan ada yg awalnya cuma dari jualan tas wanita,kaos,kacamata (bahkan ada dari pembuat celana dalam!).

Nah,hal ini semestinya disyukuri (bukan di syukurin lo beda tu artinya) knapa? ya karena dengan begitu akan hadir bagi konsumen arloji murah meriah, namun disisi lain sebenernya juga patut disayangkan juga sih knapa? ya itu dia pada gilirannya mutu dikorbankan kalo tidak dibilang asal-asalan.
ARLOJI sebagai komoditi sudah mengalami pergeseran makna dimana konsumen hanya dijejali model-model yg eye chating (enak dilihat) lupa akan mutu mesin yg dipergunakan,bahan casing dan vitur.

Skali lagi jaman dah berubah bro, kita kan tidak bisa membendung pergerakan jaman ya to? namun perlu waspada aja supaya jangan sampe nyesel dikemudian ari (makanya tanya dulu ama ARLOJIKU kalo hendak membeli arloji ya..ya..ya.!)

MEREK BEKEN DARI INDUSTRI LAIN

Bagi konsumen awam (yg nggak paham seluk beluk arloji) pada umumnya memutuskan membeli arloji berdasarkan beberapa pertimbangan seperti:
-merek beken
-model keren
Nggak salah toh yg makai juga situ-situ juga! duit juga duit situ-situ juga ya khan? but kalo dah beli lalu nanya ke saya ini asli apa tidak,kok nggak ada situsnya..bla..bla.. kan kitanya jadi nggak enak ngomongnya.Mo ngomong apa adanya takut situ jantungan kolaps lewat kan berabe,ngomong ngibul biar ente seneng takut ama BELIAU yg kasi ane otak serba salahkan?!

Menurut saya sih bagi semua watch lover perlu dimengerti bahwa pada dasarnya tidak ada satu jenis arloji yang dibuat dengan maksud “ah,gua mau buat arloji jelek ah!” nggak ada tuh! nah kalo sampe ke tangan kita jenis arloji kurang bermutu itu salah siapa, ya sebenernya salah konsumen juga knapa mau nya yang murah meriah dah pasti dong produsen ngebaca selera pasar daya serap pasar dan trend pasar maka dibuatlah arloji seperti itu (ini untuk level low-end).

Jadi kalo anda memutuskan membeli sebuah arloji jangan pernah liat merek atau model tapi sesuaikan aja ama anggarannya baru bisa pilih modelnya kek, mereknya kek, kakekek…
harapannya dengan pola pikir seperti ini akan menghindarkan anda dari kuciwa knapa? nah kan nyadar kalo doku cuman 500 rb masak mo nyari arloji kwalitas high-end pan kebangetan ente! ya akhirnya dapet CASIO entry level,ALBA mungkin ato merek macam TESTONIS,LOBOR dkk.

ARLOJI MEREK PENDATANG BARU

Bro jangan harap saya bikin list merek-merek pendatang baru ya! saya tidak mau terjebak ke polemik kalo dari tadi saya comot merek-merek tertentu itu bukan titipan ATPM sampe ari ini saya bebas merdeka karna tidak ada siapa-siapa dibelakang saya kecuali (si Nay…ha..ha..ha)logis dong karna saya mau terus independen ampe tua bebas merdeka.

Merek pendatang baru umumnya berangkat dari kejelian membaca sentimen pasar peminat arloji,jangan dianggap sepele level entry itu pasar paling potensial mengingat arloji dewasa ini sudah menjadi bagian dari gaya hidup maka jangan heran kalo jenis merek baru bermunculan bak cendawan dimusim hujan.

Lalu apa yang mesti diperhatikan! pertama, JANGAN TERKECOH dengan slogan swiss made. nggak mungkin arloji seharga 500rb swiss made.
kedua,JANGAN TERKECOH merek berbau SWISS-SWISSan karena ini trik para pedagang membuyarkan lamunan anda untuk memiliki arloji swiss made dengan harga murah.
ketiga, JANGAN TERKECOH rayuan sales penjual arloji (umumnya pengetahuannya tidak valid) buat ngejelasin produk yg dia jual lha wong mbedain chronograph ama chronometre aja kagak tau.
keempat JANGAN TERKECOH artikel ini dah abis tau!

 
35 Komentar

Ditulis oleh pada 4 Oktober 2008 in Artikel

 

35 responses to “ARLOJI MERK BARU APA ITU?

  1. andi Rahman

    15 November 2008 at 12:03

    Hi ,saya tertarik dengan article bapak.

    saya mau tanya pak ,kalau jam mer timex bagus tidak ?

    Apakah bisa beli baterainya i Indonesia ?

    Apa ada reparasinya ?

    “TIMEX bagus batrei dapat dibeli di Indonesia service centernya di pasar baru no.telponnya 0213842707”
    tx

     
  2. wiwin jayapura

    6 Februari 2009 at 06:04

    aku pingin Timex SL Series Automatic 38 Jewel Mens Watch T2M518, beli lewat internet takut ketipu, kira2 kalo di arlojiku berapa Bos Amos? thanks

    “TIMEX itu buatan philipine (lisence usa) merek ini kurang berhasil di Indonesia agen di jakarta di daerah ps baru (namun apakah masih eksis ato dah tutup saya kurang tau) ARLOJIKU akan bantu cariin call 021-98576294”

     
  3. Wiraradja

    9 Februari 2009 at 03:38

    pak, akhir akhir ini di teve diiklankan mengenai arloji merk baru (kl gak salah Teiwe) dengan harga jual baru kl tidak salah sekitar 5 jutaan yang dalam iklannya dinyatakan Swiss made.
    Waktu saya lihat di http://www.fhs.ch/en/links.php ternyata merek tsb tidak ada. Menurut sepengetahuan bapak apakah hal tersebut benar adanya?

    “arloji tsb merek baru,mengenai kwalitas karena baru tentunya butuh waktu bwat membuktikan ketangguhannya seperti;pelayanan after salesnya dsb”

     
  4. beluk buana

    18 Februari 2009 at 04:24

    “Lalu apa yang mesti diperhatikan! pertama, JANGAN TERKECOH dengan slogan swiss made. nggak mungkin arloji seharga 500rb swiss made.
    kedua,JANGAN TERKECOH merek berbau SWISS-SWISSan karena ini trik para pedagang membuyarkan lamunan anda untuk memiliki arloji swiss made dengan harga murah.”

    aku mengutip dari artikel anda seperti di atas, trus mau nanya nih kalo untuk merk swiss army buatan mana kan harganya sepertinya udah ada yang dibawah Rp. 500 rb..
    thanks

    “swiss army yg asli itu milik VICTORINOX selain itu abal-abal..”

     
  5. franss

    21 September 2009 at 04:45

    numpang tanya nih,

    saya puya jam merek ingersoll , arbutus.
    dan saya sudah baca dari situs webnya jam2 tersebut juga sejarahnya.

    menurut anda, bagaimana kualitas dengan jam2 tersebut di atas? karena saya suka dengan model2nya yang bagus/ klasik dan terlihat keren ( classic ) seperti jam2 kelas atas tapi harga nggak semahal jam2 colector.

    thanks

    “so far so good..tapi (menurut saya lho arbutus itu SEIKO punya merek kalo ingersol itu remake umumnya pakai mesin china made)”

     
  6. wongqatro

    7 Oktober 2009 at 12:48

    Mohon info, ada ciri2 khusus gak mana Rolex asli mana yang aspal? Terima kasih sebelumnya

    “ikuti KURSI kelas dasar nanti akan diajari,ok!”

     
  7. tom

    27 Oktober 2009 at 16:24

    mohon info..saat jalan2 saya melihat jam tangan 2nd merk junghans , dan akhirnya saya beli , tenaga pengerak dengan batrai (bukan otomatis ) bentuk segi delapan …mohon informasi mengenai jam tangan merk junghans,,,karena infonya sedikit sekali ..trims

    “JUNGHANS merupakan arloji buatan jerman lebih beken dengan produk grand father clocknya ketimbang arloji tangannya..seri quartz umumnya menggunakan mesin RONDA-SWISS kalo nemuin seri vintagenya apalagi yg chrono wow ajib bro…”

     
  8. Tonny

    4 Desember 2009 at 12:36

    salam kenal

    bang mau nanya, aku kan kerja surveyor aku butuh jam yang ada suhu ama kompas. na aku nemu jam merek timex yang analog yang jadi masalah abang tau gak alamat distributor buat tu jam tangan alamat ato wep boleh juga (domisili saya malang)

    thank bang infonya

    “beli keluaran casio purna jual lebih bagus”

     
  9. vonny

    5 Desember 2009 at 04:31

    pak, klo merk dari swiss yang tertera di arlojinya merk royality swiss tuh asli ga? atau bukan buatan swiss?

    “waduh baru denger tuh..arti swiss ditulisan itu mestinya ya buatan swiss tapi sekarangkan banyak arloji yg memakai swiss untuk mengelabui pembeli supaya terkesan itu buatan swiss”

     
  10. ferdi

    15 Januari 2010 at 17:23

    pak saya mau beli jam. kira2 utk budget krg dr 8rts rb lebih baik pilih timex ato casio?

    C A S I O………………..

     
  11. didi

    26 Februari 2010 at 15:43

    Pak numpang tanya…

    saya dikasih jam tangan merk ANA..(udah chroonograph).
    dibelakangnya made in swiss,itu asli ato palsu.
    soalnya saya cari di google ga ada keterangan tentang jam tangan merk diatas.

    bisa jadi itu merek disainer individu maka tidak jarang belum dikenal publik, swiss made? maybe yes..
    makasih

     
  12. Faisal

    27 Maret 2010 at 06:36

    mas merk lobor itu dari negara mana.trus apa mutunya sudah bisa sejajar dengan senior(alba.seiko dll) thx.

    LOBOR itu hongkong..kategori biasa ya kalau ma sesepuh yg ente sebutkan tadi ya masih jauh..

     
  13. budi

    2 April 2010 at 16:39

    saya hanya ingin memberikan apresiasi positif terhadap situs ini. isi nya bagus & sangat bermanfaat. semoga berkah. wassalam

    (ane mah makmum aje gan jadi ya cuma bisa bilang…aminnnnn!!!!)

     
  14. wongqatro

    3 April 2010 at 10:53

    om, kenapa harga rolex sport yang second selalu lebih tinggi dari harga barunya? tentu yg fullset om..

    hukum yg berlaku adalah penawaran dan permintaan kalau yg mau banyak sementara barangnya sedikit ya pasti mahal..(arloji 2nd hand umumnya barang discontinu)..kalau mau dapat yg bagus murah gampang…(to be contniued)

     
  15. ico

    4 April 2010 at 12:42

    bang,mau nanya,klo casio ma alba tu bgus mana siyh??

    masing-masing punya kelebihan dan kekurangan kalau mau digital casio jagonya kalau mau analog alba rajanya kalau nggak mau dua-duanya juga nggak papa…he..he..he..

     
  16. Ria

    14 Mei 2010 at 04:08

    teman saya baru pulang dari Batam dan membelikan saya hadiah jam sepasang merek Christ Verra – Paris 19891L-14, 0105 (ada sertifikat dan garansi) dibalik jam ada tertulis Sapphire 5 ATM water resistant.

    Terus terang saya baru dengan merek ini, apakah jam ini bagus atau tidak, asli atau palsu, mungin bapak bisa bantu memberikan informasinya.

    Terima kasih atas infonya.

    Salam
    Ria

    CV (selanjutnya dibaca: CHRIST VERRA) adalah merek pendatang baru lokal brand artinya garansi hanya untuk wilayah indonesia saja, secara umum bagus case umumnya stainless steel, mesin japan movement . belum ada tiruannya.

    salam
    amos

     
  17. wisnu

    24 Agustus 2010 at 22:40

    bang mau tanya, jam merk ‘alexander christie’ pakai mesin buatan mana ya? Tq

    miyota -japan/rhonda-swiss

     
  18. Mira

    7 September 2010 at 08:06

    Mo minta tolong tanya, berapa sih harga pasaran Christ Verra 19891L-14?

    call 021-98576294 ya jeng…

     
  19. vanny

    30 November 2010 at 07:59

    bang, mau tanya,,,maklum baru kali ini beli jam sampai ratusan ribu,,kira2 kalau saya membeli jam casio LTP 1237, dengan harga 350 rb, dengan kelengkapan kartu garansi dan kotak jam..apakah itu barang murah dan orisinil?
    dan jika dibandingkan dengan casio, alba dan seiko lebih bagus mana bang?terima kasih,,,,

    kelengkapan merupakan penunjang…jadi makin lengkap makin yakin asli, dari tiga klaas SEIKO lebih tinggi

     
  20. Hilman

    6 Desember 2010 at 04:00

    Kalo merk Tag Heuer bagus gak gan?
    produk mana tu?

    bagus…swiss made…

     
  21. timo

    12 Desember 2010 at 05:51

    saya langganan salah satu majalah luar negri.disana sering ditampilkan TIMEX sebagai rekomendasi. tapi knapa kalo saya baca di sini kayaknya TIMEX kurang disarankan ya?kalo liat di wikipedia kayaknya ini perusahaan udah lama.thnks

    banyak kasus TIMEX mesinnya nggak bisa dibenrin…lagi pula ATPMnya dah nggak jelas…sapa yg pegang.

     
  22. martin

    14 Desember 2010 at 09:58

    bang, mau tanya, kalau merek Chronoforce bagus tidak? itu bener buatan swiss?
    thx

    swiss dari hongkong…wkwkwkwk lokal tuh bro…

     
  23. defa

    15 Desember 2010 at 04:41

    bro mau nanya kalo di indonesia ada yg megang lisensi jual jam merk accurist ga?
    menurut bro amos merk accurist itu gmn kualitasnya?
    oya saya mau minta sarannya bro, saya pingin nyari jam yg pny chrono, casingnya besar, dan model sporty, budget max 1,5 jt. ada saran bro? kmaren udah sempet naksir merk timex, tapi kayaknya krg disaranin ya? jd pingin survey2 dl
    thanks bro..

    ACCURIST merek baru belum tau dibawah group mana…sepertinya belum ada tuh ATPMnya…anggaran ente cukup besar coba lirik CASIO..SEIKO…CITIZEN…

     
  24. jaka

    2 April 2011 at 18:49

    Om mau tanya nie….pgen beli jam anggarannya 1.7
    jam merk apa yg bgs ya….behubung sy ga ngerti jam2x yg bgs merk apa…yg jelas sy pgen jam yg cocok dgn profesi sy sbgai geologist…kerja di lapangan keluar msk hutan ups bkn org hutan ya…..hehe
    pake Casio aja den Jaka, yg punya fungsi ABC (Altimeter-Barometer-Compass) antara lain terdapat pada seri ProTrek… atau kalo mau yg sedikit lebih murah bisa cari Timex dengan fungsi mirip.

     
    • Onno

      5 April 2011 at 13:45

      Saya punya Timex Titanium nih bos klo mau.
      Fiturnya cuma Digital Compass. Bahannya Titanium, enteng banget klo dipake.

       
      • George

        6 April 2011 at 10:05

        Silakan bro diemailkan spec dan foto2nya ke arloji dot ggn at gmail dot com, siapa tau bisa kita pajang di sini atau forum.

         
        • Onno

          6 April 2011 at 10:54

          Sudah saya kirim via email, silahkan dilihat.

          Trims.🙂

           
          • George

            6 April 2011 at 18:00

            Ok mas Bud, selanjut’e kene komunikasi via email ae yoh… Matur suwun

             
  25. Noval

    5 Agustus 2011 at 19:21

    salam kenal,
    bos aku nyari Timex – Expedition E Tide – Compass T45881
    susah banget nyarinya,stok lama juga sih.
    kira” bisa nyari dimana ya?
    thanks.

    TIMEX dulu ada dipasar baru tapi sdh tutup, coba tanya ke kelompoknya GUESS

     
  26. sofyan

    10 Agustus 2011 at 16:40

    selamat sore arlojiku salam hangat selalu….mo tanya nich, kmren saya hbs beli arloji merk puma seri pu101441003 sellernya bilang itu original ada warranty card dsb tp made in cina. apakah itu bener2 original meski made in cina?

    daer bro sofyan
    PUMA merupakan produsen alat2 olah raga khususnya sepatu nah arloji termasuk divisi apparelnya jadi PUMA tuh cuma ahli bikin alas kaki makanya arlojinya minta tulung ama cik ling-ling dan suaminya koh a liung…tenang aja selama ada warranty card nya insyaallah asli…(BTW ane penggila PUMA juga kok tapi sepatunya)

     
  27. Yoyo

    22 Mei 2014 at 05:42

    Salam kenal,
    saya nubie dan sedang mencari jam dgn kriteria mesin lumayan tangguh, automatic, model simple classic, budget 1-2 jt
    saya membaca di beberapa forum dalam dan luar negeri mengenai merk ORIENT dan banyak yg memuji kinerja mesinnya
    saya kagum mereka jg menggunakan mesin buatan sendiri
    saya berniat mencoba dulu entry level dr ORIENT tipe er 24005 w Bambino
    menurut arlojiku bagaimana kualitas dr produk merk ORIENT ini?
    apakah ada lg merk/tipe jam lain yg bisa jd referensi sy dgn kriteria seperti diatas?

     
    • Amos

      23 Mei 2014 at 12:26

      To bro Yoyo (pd komentar ARLOJI MEREK BARU APA ITU?)
      ORIENT arloji buatan jepang yg secara mutu tdk kalah dibamding seiko maupun citizen namun waktu ternyata tdk berpihak pada orient sehingga sekarang ini sepertinya agak sempoyongan mengejar dua merek jepang yg saya sebutkan diatas.
      Sebagai koleksi pertama menurut saya sih boleh bro…mengingat anggaran yg ente siapkan selamat berburu ya…

       
  28. rihatmoko

    24 Juli 2014 at 06:19

    Mau tanya om arlojiku..kebetulan istri sy pengen banget punya arloji merk elle. Nah ada yg tawarin cm seharga700 rb yg katanya punya sertifikat..kira2 bgmn kita tahu asli/bukan. Trm kasih sebelumnya..

     
    • Amos

      25 Juli 2014 at 10:44

      Dear bro RIHATMOKO
      sebaiknya kunjungi outlet resminya ELLE umumnya pakai nama WATCH WORLD…selamat berburu….

       

Tinggalkan Balasan

 
