RSS

ARLOJI SETTINGAN

14 Mei

Setelah sekian lama absen sekarang muncul tulisan baru,biasa biar dikangenin emang kudu ngilang tuk sementara waktu.Nah berikut ini saya hendak mengulas sebuah topik yg tak kalah yakni ARLOJI SETTINGAN,met membaca dan jangan lupa komentarnya.

Well! anda pembaca setia blog ini pasti dah baca artikel sebelum-sebelumnya dimana saya dah ngutuntas mengenai arloji baik klasifikasi maupun replika. Nah skarang a hendak membahas arloji settingan apa itu?

Dewasa ini banyak beredar khususnya di pasar arloji seken hen arloji settigan bahayanya sipenjual kagak bakal ngomongin lu pade kalo nih arloji settingan tragisnya arloji tersebut diperjual belikan sebagai arloji asli dengan harga yg dah pasti bikin tenggorokan kering.

Apa yg dimaksud setting

Pada istilah setting disini yg saya maksudkan adalah: “diatur” yg lebih mengacu pada “menurut kemauan si pembuat/buatan non pabrikan” suatu misal, ROLEX seri day date pada umumnya di blok mesin tertera inisial DD artinya day&date (baca:tanggal) pada arloji jenis setting inisial yg semestinya hanya satu D untuk membuatnya jadi versi day date di buatlah D satu lagi.

Bro! ini kerja rumit,kagak mungkin anak kemarin sore bisa but ini menurut ogut ulah begundal kagak bertanggung jawab pertanyaannya ialah pegimane bisa? jawabnya: “bisa, buka mata ini nyata hanya di Indonesia”

Itu baru dari usur mesin, yg lebih parahnya body/case dan rantai juga bisa dibikin (umumnya yg berbahan dasar emas) untuk itu perlu pengetahuan khusus agar kita tidak terjerumus pada lubang pembodohan maha karya eyang bandit bin penjahat alias begundal alias tak bertanggug jawab alias…pusing dah pokoknya terkutuk aja!

Ciri casing settingan

Pada sebuah produk originale pastilah terdapat keterangan dan hal ini bersifat paten atau resmi seperti ROLEX seri all gold misalnya menggunakan lambang lambang tertentu untuk menyebutkan kadar kandungan emas yg digunakan umumnya 18k dan 14k (hampir dipastikan tidak ada yg 22k bahkan untuk seri lama menggunakan 9k) lambang yg dipergunakan umumnya Tupai (14k) dan ratu (18k) namun ada kalanya dipergunakan simbol lain seperti anak kunci atau timbangan nah pembaca yg setia yg paling terpenting dari semua ini adalah ketelitian kita sebagai konsumen emang sih baik setting amun originale adalah produksi angan dan tidak jarang merupakan produksi masal maka kerapian adalah kata kunci sebuah casing setting pada umumnya sedikit kasar dibandingkan yg asli but! jangan salah kalo si pembuat versi setting jeli bisa-bisa kita bingung untuk mengatakan setting or non setting ( kalo dah begini call aja arlojiku beres kan!)

Jangan tergiur arloji branded harga murah

Ada yg bilang uang tidak menipu saya meng aminkan kalimat seperti tadi knapa? ya jelaslah untuk sebuah produk bermutu dibutuhkan biaya yg tidak sedikit itu sebabnya harga jualnya jadi mahal seperti pada arloji replika (sebagaimana disajikan di blog ini) kenapa tidak dibuat dengan kwalitas seperti aslinya ya itu tadi jawabanya nanti harga jualnya kagak bisa murah! kalo replika muahal sekale apa bedanya dengan yg originale, ya to!

Untuk itu jangan pernah tergiur barang ori harga miring (janan-jangan Yg jualan miring atawa sampeyan yg beli dah miring mikirin BBM sebentar lagi naik). Sepengetahuan saya arloji settingan lebih menitik betarkan pada merek tertentu ROLEX merupakan peringkat tertinggi yg sering di buat karena ada seri tertentu ROLEX menggunakan mesin sama tipe untuk seri yg beda tipe seperti pada seri automatik kaca mika ada yg sudah ‘tralek’ perpindahan kalender bisa diset dari knop sedang pada seri baru hal ini berkaca sapir (buka tapir ya). nah guna mendongkrak harga acap kali pedagang mensetting kaca mika tadi jadi kaca sapii eh maaf maksud saya sapir, dah jelas jadi muakin muahal but yg beli bisa mangkin mual karena sebenernya tipe/model seperti ini tidak laku alias murah sekali maka jangan sekali-kali tergiur (minimal saya dah ngomong lho!)

Produsen arloji setting

Selain dari Indonesia negara pembuat arloji setting adalah vietnam,bangkok dan malaysia masing-masing negara memiliki ciri khas (karena dikerjakan oleh pandai emas nota bene mereka kerja seperti empu pembuat benda-benda pusaka) jadi sudah pasti karya mereka ingin dikenal orang dengan ciri khas masing-masing (mohon maaf demi kode etik tidak bisa dipaparkan lebih luas di artikel ini)

Kesimpulan

Lebih baik anda membeli arloji replika yg dah jelas tiruan dari pada arloji settingan yg kagak jelas klasifikasinya dibilang asli palsu dibilang palsu asli nah lo bingungkan,dari pada bikin bingung lebih baik saya sudahi dulu tulisan ini wassalam…..sampai ketemu lagi temen-temen merdeka!

 
6 Komentar

Ditulis oleh pada 14 Mei 2008 in Artikel

 

6 responses to “ARLOJI SETTINGAN

  1. steff...........

    16 Mei 2008 at 03:22

    Pak Amos……………..gimana kabarnya?
    Wah, lama bertapa tiba2 muncul dg artikel yg maknyus……………
    Jadi, arloji settingan itu sangat sulit di bedakan yah pak terutama bagi orang2 awam seperti ane………. gawat juga ya pak…… kalo gitu mendingan beli arloji replika yg jelas2 replika ya pak……..
    Btw, kapan nih ada acara ngumpul2 lagee…..sdh lama nih kagak ngumpul2……. sdh kangen nih dengerin dongeng dari pak Amos…. hehehhehheh……

    Salam,

    “nah itu dia waktunya skarang jd teramat sulit ya…gimana kalo akhir pekan minggu depan?”Steff

     
  2. Lhucat

    16 Mei 2008 at 13:50

    Pak Omas eh.. Amos,

    Bagaimana halnya dengan arloji kanibalan / frankenwatch? Apakah ini juga suatu hal pembodohan, atau malah sebaliknya jadi merupakan suatu hal yang brilliant? Pembodohan dalam artikata arloji tersebut original tapi tidak original. Brilliant dalam artikata arloji tersebut sebenarnya udah tidak bisa dipakai lagi / mati total, namun bisa diakali agar hidup lagi sebagai mana mestinya.
    Bagaimana tanggapan Pak Amos mengenai kontroversial ini? Apa ada pengetahuan khusus juga untuk bisa membedakan antara original dgn kanibalan?

    “pada dasarnya arloji itu tidaklah mutlak harus ori dg ketentuan:
    1.jika emang karena keadaan mengharuskannya demikian (spare part tdk ada baru/diskontinu)
    2.karena kelengkapannya susah diadapat terpaksa oplosan mungkin jalan terbaik
    3.hanya untuk dipakai sendiri bukan buat diperdagangkan.
    menurut hemat saya ini hal penting yg harus diketahui dan bagi para watch lover yg mulai berjualan mohon disepakati kalo restor ya bilang restor,kalo asli bilang asli kalo palsu apa lagi wajib tuh hukumnya tuk kasi tahu”

     
  3. BUDI SENGGONO

    2 September 2008 at 11:55

    pak, saya tinggal di Semarang, bagaimana cara mengikuti KURSI, apakah ada modulnya, soalnya kalau saya harus ke jakarta, waktu luangnya yang agak susah.
    trims..

    “Wah…Semarangnya mana mas? Saya juga orang semarang lho!
    Apa perlu saya kesana (tiap akhir pekan)?
    Untuk ket lebih lanjut call 021-98576294”

     
  4. cahya

    11 September 2008 at 21:42

    saya juga bingung. seiko automatic warisan itu masih berputar sempurna. tapi penampang dalamnya (di atas jarum2 itu) udah kekuning2an, kesannya gak kinclong. tapi, mau dibersihin, takut salah (kecuali ke ahlinya tentu yah?). soalnya saya pernah ngegosok sendok Alpacca (katanya abad 18) pake brasso, eh malah kuningnya jadi berkurang.

    lagipula, konon katanya, kalo buat investasi, jam vintage sebaiknya dibiarkan aja sesuai aslinya, karena itulah salah satu ukuran jam tua. cukup dibersihkan pake kain halus.

    mohon sarannya bapak-bapak. trims. hatur nuhun.

    “yang bro maksudkan dial? kalau itu sih pantang dibersihin Arloji vintage emang sebaiknya dibiarkan apa adanya baik kondisi bagus maupun kurang bagus kecuali rusak parah baru di restore kalau mau restorasi hub aja 021-98576294”

     
  5. Arman

    20 Oktober 2008 at 07:41

    Salam Kenal…..

    Perkenalkan nama saya Arman, dan jujur sebenarnya saya juga penyuka dan penggemar dari berbagai macam jenis arloji. Saya ingin bertanya, bagaimana sih cara melihat dengan kasat mata arloji yang berkualitas (merk dan desain). Kemudian, kalau untuk arloji yang bermerk Casio itu kualitasnya bagaimana?

    Wassalam

    Arman

    ‘kirain arman maulana….wah kayaknya bro arman perlu ikut KURSI (kursus singkat) ambil kelas pemula aja lagi ada paket PAHE tuh…call aja di 021-98576294″

     
  6. R.M.A. Ahmad Said Widodo, A.G.

    5 Februari 2009 at 06:48

    Aku ingin punya arloji buatan Jerman dari salah satu atau beberapa merek terkenal di sana, terutama yang mempunyai Chronometer/Chronograph dan Perpetual Calendar. Aku kebetulan punya adik perempuan yang semenjak tahun 1998 tinggal di Jerman. Nah, siapa di antara Anda yang bisa memberikan informasi lengkap tentang yang kuinginkan. Terimakasih.

    “arloji german made ada banyak merek seperti : NOMOS,GLASSHAUTE,A LANGE & SONE coba salah satu dari itu..”

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: