RSS

Arloji REPLIKA sebuah fenomena?

28 Okt

Suatu kali saya bertemu dengan seorang kawan dia menanyakan kepada saya: “Memakai arloji REPLIKA jika sampai diciri orang malunya lebih mahal dari membeli ARLOJI ASLI!” menyimak kalimat kawan saya ini membuat saya berpikir : “separah itukah anggapan orang mengenai arloji REPLIKA?”.

Sidang pembaca yang bijaksana! ada bagi sebagian kita memiliki anggapan bahwa arloji REPLIKA adalah arloji PALSU, yang membuat sipemakai jadi turun pamor jika mengenakannya.Berangkat dari anggapan inilah saya hendak membuat sebuah penjabaran mudah-mudahan setelah anda membaca dan merenungkanya anda akan memiliki pendapat baru lepas setuju atau tidak inikan sekedar pemikiran toh kita sekarang hidup dimasyarakat modern nan demokratis dimana perbedaan pemikiran sudah bukan jaman lagi untuk dipertentangkan,betul?.

ARLOJI REPLKIA BUKAN ARLOJI ASLI

Pertama-tama kita meski mendasari pemikiran bahwa arloji REPLIKA itu bukan arloji autenthik, dengan demikian kemanapun kita pergi,dimanapun kita mengenakannya,kepada siapapun kita bicara meski disadari bahwa yang melingkar dipergelangan tangan kita adalah sebuah arloji REPLIKA, kata REPLIKA disini saya pergunakan untuk menyebutkan bahwa arloji tersebut dibuat menyerupai kondisi autenthiknya dengan kata lain bahwa arloji tersebut ada versi autenthiknya (baca:asli).

Sama halnya jika anda penyuka mainan model/miniatur baik itu mobil-mobilan ataupun motor pun pesawat terbang pastilah sipembuat tatkala mendisain,membuat serta memasarkannya tidak akan pernah berpikir bahwa produk mereka adalah autenthik namun kita suka ole sebab sebab tertentu membuat kita mati-matian memburunya tidak jarang meski merogoh kocek dalam-dalam karena saking mahalnya.

Seperti inilah yang ada dibenak pemikiran saya bahwa arloji REPLIKA itu just toys! dimana memiliki unsur have fun saat kita mengenakanya. Namun tidaklah sesederhana pemikiran diatas sebab arloji REPLIKA pun memiliki unsur seni tidak kalah dengan miniatur mobil-mobilan/motor/pesawat. Sebab arloji REPLIKA adalah karya serius seserius versi autenthiknya bayangkan saja jika versi autenthiknya berfitur chronograph,GMT,Moonphase atau apapun fiturnya diversi REPLIKA juga sama,hebat bukan! bandingkan dengan miniatur mobil/motor/pesawat tidak ada yg demikian.

ARLOJI REPLIKA : COLLECTOR ITEM

Memiliki arloji REPLIKA sama dengan memiliki barang koleksi artinya jika anda membeli arloji jenis ini sama halnya membeli barang-barang collector item. Dimana sebenarnya letak kekhas-an nya sehingga bisa disebut sebabagai barang-barang koleksi, Pembaca artikel yg bijak! semua arloji REPLIKA dibuat dengan tangan (perakitannya manual) sehingga setiap edisi selalu tidak sama, mahal dan tidaknya tergantung tingkat kehalusan finisingnya. Jadi amat berbeda dengan arloji lansiran pabrikan yang jelas-jelas mass product. Yang dibuat berulang-ulang.

Hanya saja perlu pengetahuan yang baik agar apa yang anda beli dan koleksi benar-benar sepadan dengan nominal yang kita keluarkan,sebab uang anda adalah tanggung jawab anda! tidak semua yang ditawarkan sebagai arloji REPLIKA memiliki kelayakan yang baik untuk itu belilah dari ahlinya bukan sekedar pedagang yang hanya mau uang anda saja,ingat! uang anda dicari setengah mati…paling tidak anda meski medapat jaminan reparasi juga spare part kalo kedua hal ini dijamin itu namanya pedagang yg bertanggung jawab bukan HIT AND RUN abis jual cuci tangan.

BEDA ARLOJI REPLIKA DENGAN ARLOJI PALSU

Barang kali perlu dipertegas disini bahwa tatkala kita membicarakan arloji itu sebenarnya kita sedang membicarakan 3 (tiga) jenis arloji yakni :autenthik,REPLIKA dan palsu
secara singkat saya uraikan sebagai berikut:
Autenthik sebagai mana arti katanya adalah asli jadi arloji autenthik itu merupakan versi asli lansiran merek tertentu resmi baik merek,model juga movementnya pada umumnya terdaftar didepartemen perindustrian negara pembuat (baca:swiss) sedangkan REPLIKA adalah arloji tiruan (yg berati bentuk/model, merek juga movement meniru/menjiplak/plagiat dari versi autenthik) dengan demikian pada dasarnya arloji REPLIKA itu bukan resmi lansiran merek tertentu namun baik model,fitur serta jenisnya dibuat sama persis. Arloji palsu merupakan arloji dengan merek yang tidak jelas,bisa saja memakai merek tertentu lalu mengaku buat negara tertentu (swiss) namun sebenarnya bukan buatan negara tsb,mesin/movement pada umumnya buatan jepang (namun tidak pernah diakui) tidak memiliki patent resmi dari negara yang diakui sebagai produsen, nah terhadap jenis inilah kita meski waspada karena biasanya arloji ini dicitrakan sebagai arloji berkelas dimana sejatinya tidak lebih dari arloji palsu!.

Sehingga ketika kita sudah mengetahui kondisi diatas sebagai konsumen yg bijak maka diharapkan pada waktu memutuskan membeli bukan lagi membeli kucing dalam karung yang tidak tahu apa isinya sesuai yg di janjikan, sekali lagi arloji REPLIKA tidak pernah dikatakan sebagai arloji autenthik (meski sebagian pedagang ada yg bilang autenthik) jika hal ini anda jumpai itu penipuan!

KESIMPULAN

Akhir kata saya perlu menegaskan bahwa banyak kalangan penggemar arloji yang sinis/memandang sebelah mata arloji REPLIKA namun saya bilang mereka salah! REPLIKA memang tidak diakui oleh pabrikan namun bukan berarti tidak baik untuk dikoleksi, REPLIKA memang bukan autenthik namun bukan berarti tidak bermutu.

REPLIKA juga bukan berarti jika anda memakainya akan jatuh gengsi, tidak! kalau dari awal anda menyadari bahwa ini just toys, serta tidak dalam rangka menipu siapa saja dengan mengatakan kalau ini autenthik. REPLIKA is REPLIKA namun anda akan menemukan kepuasan yang tidak kalah serunya dibandingkan versi autenthiknya bayangkan saja hanya dengan uang 2-3jt-an anda bisa mengenakan arloji jika versi autenthiknya seharga mobil atau rumah kelas menengah/mewah,gimana masih ragu?

 
18 Komentar

Ditulis oleh pada 28 Oktober 2007 in Artikel

 

18 responses to “Arloji REPLIKA sebuah fenomena?

  1. van

    31 Oktober 2007 at 18:16

    Yup, setuju saya dengan pendapat bapak, tidak usah malu atau ragu dengan Replica Watch. Termasuk barang langka karena membuat replika yang detailnya menyerupai aslinya tentulah tidak mudah.
    Tetapi image Replika Watch ini yg kayaknya terpuruk dengan Fake Watch (Arloji Palsu), karena banyak Replika Watch “di-replikasi-kan” lagi menggunakan komponen2 yang asal2 saja. Sehingga bikin ciut peminatnya. Sebenarnya replika watch juga tidak murah lho kalau memang yang perfect dan very rare. Sayangnya harus mencarinya di situs luar negeri.

    Untuk itu, para lokal distro Replika Watch mohon digelarlah kulakannya supaya tidak usah jauh2 carinya. Itu sudah ada tuh wadah Jual-Beli di Mailing List Arlojiku bisa dipakai sebagai startnya ngkali?!?

    Ada satu pertanyaan ttg Replika watch ini. Apakah benar yang saya dengar kalau keberadaan Replika Watch ini adalah ilegal? Sehingga membuat pemakainya ada rasa minder dan hanya menjadikannya sebagai collector items saja.

    “Emang pada dasarnya arloji REPLIKA itu ilegal (tidak diakui oleh pabrikan),jd kalo kita beli sama halnya membeli DVD/VCD bajakan, nah begitu juga REPLIKA semua orang maklum dan mengerti kalo REPLIKA itu ilegal jadi belilah selama REPLIKA masih dengan mudah kita bisa beli karna akan ada saatnya REPLIKA susah kita cari karna tidak ada yg bisa jual…soal minder tergantung dari sudut pandang mana kita melihat kalo pakai REPLIKA buat menaikan DRAJAT/gengsi itu keliru tapi pandanglah REPLIKA just a toys! hanya buat have fun bayangkan jika kita beneran pakai daytona original jalan-jalan ke SENEN ngeri kan? lalu kita seperti dibelenggu oleh ketakutan (mau seneng malah jadi sengsara) buat apa kita beli arloji tapi tidak bisa menikmatinya? jadi beli arloji yg terjangkau oleh kantong kita dan pakai dengan bangga, gitu kok repot!”

     
  2. Abi_ha_ha

    4 November 2007 at 23:08

    Setuju bro…
    Apalagi kalo masih kelas tong-pes macam saya. Malah cari-cari jam replika atau kw yang murmer, justru banyak seninya yaitu mencari yang termirip detailnya dengan aslinya.
    Buat saya, latihan cek detail ini sangat menyenangkan.
    Misal Tag Heuer SLR lama, buaanyaak buanngeettt versi palsu kw nya.
    Mencari yang termirip sangat menyenangkan, seperti permainan ‘Carilah Beda 2 Gambar Ini’ sewaktu baca majalah anak-anak jaman kecil dulu.
    Toh orang kebanyakan ngerti, buat ‘kami’ yang masih wira-wiri naik motor mana mungkin pakai yang asli.

    “ayo..ayo…siapa mau gabung ama PARTAI REPLIKA! program nya suksesi arloji asli…he..he..heee…(just kidding and just for laugh…tidak bermaksud melecehkan) ini sekedar pendapat sekali lagi anda boleh tidak setuju/tidak suka namun semua tetap sama WATCH LOVER,ok!?”

     
  3. stefanus

    5 November 2007 at 11:24

    Saya ikutan gabung pak ……🙂

    Saya baru menyukai bener2 dg yg namanya “arloji” (watch lover pemula nih…:)).
    Saya mau sedikit share (boleh ya pak …. thx, pak)
    Saya mempunyai beberapa arloji lowend (victorinox swiss army, swatch, seiko, luminox, tissot & russian watches) & beberapa Replika (tag heur carera, chopard Chrono GMT, breitling, iwc). Saya suka dg hobi baru ini (meskipun memboroskan duit bnyk nih🙂 ). Saat Pertamakali saya membeli REPLIKA, saya bawa replika tsb ke salah satu counter arloji authentik (plz senayan) & saya bandingkan dg versi authentiknya, saya sangat heran dg tingkat kemiripan-nya (casing, plat, dial, rantai/strap, kaca saphire, caseback & movement-nya, Size & beratnya hampir sama) bahkan secara fungsional arloji tsb sama (mis: Chopard millemiglia GMT replika jg memakai movement Eta 7750 (ada fungsi stopwatch & GMT) versi authentiknyapun jg memakai movement Eta 7750 (ada fungsi stopwatch & GMT) ). Disitu saya bisa menarik kesimpulan bahwa arloji REPLIKA sangat bagus kualitas-nya baik dari casing, dial, kaca, rantai/strap & movement-nya bahkan betul2 dibuat sedemikian mirip. Semakin saya perhatikan, disamping kemiripannya, saya jg dpt lihat perbedaan dg versi authentiknya.
    1. Movement
    Meskipun Replika menggunakan Eta 7750 tetapi dibandingkan dgn versi authentik-nya, replika msh kalah dlm hal finishing, kualitas material, bahkan detail & kinerjanya. (tetapi dr segi fungsi tetap SAMA baik stopwatch & GMT-nya berjalan dg baik sama dg versi authentiknya).
    2. Casing, Plat, dial, strap/rantai
    Tingkat kemiripan 99% (mungkin jk didlm proses pembuatannya, perakitannya & fisnishingnya lebih dikontrol, tdk tertutup kemungkinan bisa SAMA dg versi authentik)
    3. Harga
    Perbandingan harga versi authentik & replika bagaikan bumi & langit.
    Kesimpulan:
    Saya setuju dg pendapat Bapak Amos, bahwa arloji REPLIKA itu bermutu, & just toys ……………………………..

    Thx, sukses ya Pak

    “makasih banyak atas TESTEMONInya! emang seperti itulah yg saya maksudkan jangan ragu buat beli REPLIKA (tentunya dg kesadaran tanpa paksaan dan sesuaikan dengan kemampuan finasial) ARLOJIKU siap membantu anda menemukan yg dicari,ajib!!!!”

     
  4. elin

    7 November 2007 at 15:20

    yach…saya gak tau nech..jam tangan saya replika bukan ya…wach..saya pgn baget punya yang aslinya..bisa bantu pak???harga cincai gak ya…

    “wach saya juga nggak tahu yg ibu punya replika atau asli (wong ibu nggak jelasin merknya apa dan gimana modelnya) kalo saya dikasi lihat boleh nggak? nah baru saya bisa bantu cari yg asli soal harga cincau..lah eh maksud saya cincai..lah…”

     
  5. Abi_ha_ha

    23 November 2007 at 04:31

    Pak Amos, teman saya di Semarang dapat lungsuran omega speedmaster profesional ori, perkiraan dia sih dibeli pelungsurnya kira-kira akhir 80an (yang gak ada window tanggal). Kondisi rusak, waktu coba perbaiki di GajahMada, ternyata sudah bekas pengacakan juga, diangkat tangan.
    Kira-kira ada nggak mesin non Ori/Swiss yang bisa tinggal plek? yang fungsinya chrononya sama. Harga?
    Terimakasih

    “wah itu tantangan buat saya! coba dibawa ke jakarta biar saya coba kontrol bagian-bagian yg perlu di perbaiki siapa tau bisa difungsikan. kalo mesin pengganti yg tinggal ‘plek’ nggak ada ribet dan sayang jika meski dibuat begitu, call saya di 021-98576294 saya tunggu!”

     
  6. Rizal

    7 Desember 2007 at 06:32

    Mas, kebetulan lagi ngeluyur di internet ketemu sama situs ini. Menarik juga nih, jadi ada yang pengen ditanyain🙂 …maaf ya mas, saya awam sekali soal ini.

    Kalo sekennya Mido punya gak mas? Yang warna item dan talinya kulit (emang ada ya Mido yang talinya kulit?). Kalo gak ada yang seken, Mido replika pun boleh juga. Harga keduanya berkisar antara berapa?

    Terima kasih banyak!

    “saya ada 3 (tiga) MIDO vintage taon 60-an kondisi : bagus komplit pakai rantai 1 lapis emas,dial coklat,2 stainless steel dial abu-abu jika berminat call saya 021 98576294”

     
  7. tommy

    11 Januari 2008 at 14:54

    Saya punya arloji RADO peninggalan alm papa saya. Umur arlojinya sudah lebih dari 30 tahun. Tetapi baru-baru ini jam tersebut tidak lagi “jalan”. Saya khawatir jika direparasi nanti ada mesinnya yg ditukar dgn yg palsu. Boleh tau dimana tempat resminya yg bisa mereparasi dgn baik dan jujur. Lokasi saya di kota Medan.
    Tq b4.

     
  8. Harto (bukan yang di Giribangun)

    30 Januari 2008 at 04:58

    Pak Amos, salam kenal.

    Saya senang arloji juga, hanya saja telat taunya kalo lebih valuable yang matik daripada quartz. Jadi selama ini selalu beli yang quartz.

    Mau tanya juga… Apa bisa perbaiki Omega Constellation daydate (day datenya yang subdial kecil di jam 9 dan jam 3) Quartz? punya saya mati, ketika ganti baterai ternyata baterai lama bocor. Tapi entah rusak karena bocor baterainya atau diluar itu. Tapi kemungkinan besar akibat baterai yang bocor.

    Jam itu juga, kacanya ada pocel sedikit terbentur. Apa bisa diganti?

    Last but not least he he he… kalo dijual setelah fit, bisa laku berapa ya? Saya juga ada omega constellation date gold quartz, tinggal kepala saja, leathernya sudah lama hancur tapi masih jalan bagus. Kira-kira laku berapa ya?

    Terima kasih

    “pak Harto (yg bukan digiri bangun)! sampeyan punya OMEGA bisa saja diperbaiki dan bisa juga dijual kalo dah sehat nanti mengenai berapa-berapanya gimana kalo sampeyan ketemu dulu dengen dari pada saya dus! kita orang bisa kenalan dengan dari pada sampeyan dengen membawa dari pada sampeyan punya arloji,telepon dulu dari pada saya punya nomor 021-98576294”

     
  9. yudo syaf

    15 Februari 2008 at 07:50

    halo mas amos,

    saya lagi berminat beli Breitling Anvitimer KW1 yang banyak ditawarkan di berbagai Forum-forum di iinternet (mas pasti tau forum yang mana).

    apakah mas amos punya referensi dimana saya bisa beli Breitling Navitimer secara online ? soalnya saya posisi di surabaya nih mas….

    untuk Breitling Navitimer KW1, apakah ukuran dan segala macam tombol serta asesorisnya bisa berfungsi seperti aslinya ?

    apa mas amos punya spesifikasi teknis untuk breitling navitimer ? seperti ketebalan, diameter, panjang rantai dan lainnya….

    makasih mas…

    “Menurut hemat saya sayangkalo beli versi KW sebab mutunya kurang bagus! mendingan versi REPLIKA emang sedikit lebih mahal tapi dari segi tampilan nggak kalah ama genuine-nya lho,jika berminat hub.021-98576294”

     
  10. aBah_Otoy

    17 April 2008 at 11:55

    Mas Amos yth…
    Saya tertarik dengan arloji replika Tag Heuer yaitu Replica Tag Heuer Formula 1 Automatic Watch. Mas Amos punya gak ya…. Ini spec replika yang saya maksud:
    * High Quality Tag Heuer Formula 1 Replica Automatic Watch.
    * Swiss made stainless steel case with Japanese quartz movement.
    * Black face.
    * 3 additional sub-dials (day, month and 24-hours).
    * Date window at 4 o’clock .
    * Stainless steel bracelet .
    * Solid back with all markings.
    * Mineral Crystal Glass Face – resists scratches much better than regular glass.
    * Exact hour Markers and Hands.
    * Accurate Markings all over the watch.
    * Very heavy and strong construction.
    * Weight to exact original.
    * Water resistant.
    * Size: 43 mm.
    Kasih kabar ya MAs Amos, matur nuwun…..

     
  11. aBah_Otoy

    17 April 2008 at 11:59

    Oia, Mas Amos , itu say adapatkan dari

    http://www.watcheswell.com/replica-heuer-c-7.html

    lengkap sengan harganya, tapi saya nggak tahu harga dari Mas Amos…. sekali lagi matur nuwun….

     
  12. aBah_Otoy

    17 April 2008 at 12:00

    Oia, Mas Amos , itu say adapatkan dari

    http://www.watcheswell.com/replica-heuer-c-7.html

    lengkap dengan harganya (dalam USD), tapi saya nggak tahu harga di workshop Mas Amos…. sekali lagi matur nuwun….

     
  13. aBah_Otoy

    17 April 2008 at 12:01

    Oia, Mas Amos , replika yang saya inginkan itu saya dapatkan dari:

    http://www.watcheswell.com/replica-heuer-c-7.html

    lengkap dengan harganya (dalam USD), tapi saya nggak tahu harga di workshop Mas Amos…. sekali lagi matur nuwun….

     
  14. coryelfahd

    26 September 2008 at 05:42

    allow mas…
    sy sdh lama naksir Omega yg dipakai james bond difilm2 nya. back ground dalamnya warna biru.
    mas punya replikanya ? and brpa harganya ?
    Tks

    “Omega james bond seri ku ndak da tiruannya tuh..KW?jangan beli buang duit kacuali duit ente nggak pake seri..he..he..seri laen aja mau?”

     
  15. dede

    8 September 2009 at 02:38

    Mas Amos, salam kenal
    Kebetulan saya juga senang sama jam tangan sporty, dan memilikinya seperti Tag Hauer Chrono, Chase Durer Chrono, Luminox, Citizen Navi.
    Mas aku mau tanya kalo Breitling Seken Ori yg chrono berapa ya harganya dan dimana saya bisa dapatkan

    salam, dede

    “dijakarta coba hunting didaerah Batu ceper (pecenongan) harga liat kondisi”

     
  16. Deny

    26 September 2009 at 06:37

    Hi Mas Amos,

    Saya baru nemu website ini, isinya sangat informatif…kebetulan liat gambar replika Tag Heuer new F1 chrono yang black dial di page awal jadi tertarik, masih adakah stocknya? Kabari ya Mas sekalian harganya😀.. Sukses webnya…jangan lupa di update terus

    Thanks

    “urusan duit JAPRI aja bro..(ntar dibaca petugas pajak repot saya…he..he..)”

     
  17. faizal

    26 Januari 2010 at 12:19

    Pa Amos

    Lam kenal , sy dari bandung , mau tanya klo mau ganti kaca omega speed master , yang buagus n murah dimana yah.. trms

    faizal

    call 021-98576294

     
  18. Toni

    13 November 2010 at 16:10

    Mas dnger2 ada tempat jual beli jam antik di Batutulis ya? tp di sebelah mana ya, sy pengen tau, tlg kasih alamat lengkapnya ya thanks & salam chronomania!

    japri aja ya call 021-98576294

     

Tinggalkan Balasan

 
