RSS

PRIVATE ARTIKEL

WASPADAI ARLOJI PENDATANG BARU!

Banyak rekan yg bertanya mengenai beberapa merek arloji baru yg telah dibeli beberapa diantaranya bermerek C V,EXPTN,S A,A C dll .sebenarnya masih banyak lagi merek-merek baru yg tidak ketahuan asal usulnya. Berikut ini saya menulis tinjauan kritis mengenai merek-merek tersebut bukan dalam rangka mendiskriditkan atau sekedar mencari sensasi bukan! namun lebih kearah penyebarluasan informasi agar anda para pencinta arloji tidak sampai menjadi korban.

Merek boleh baru tapi terdaftar nggak

Memang idealnya jika membeli arloji itu merek yg sudah terkenal macam seiko,rolex,mido,tissot dsb namun jika sudah bicara model maka kadang tinjauan mengenai merek jadi tidak berarti mengapa? ya arloji itu bicara selera biarpun dari merek terkenal namun jika tidak berkenan dihati pasti enggan membeli (betul apa betul?). Sehingga tidak jarang kita melirik merek baru asal modelnya keren dan “sreg” dihati, rupanya hal inilah peluang yg terbaca dikalangan pedagang arloji untuk mendatangkan bahkan tidak jarang membuat sendiri merek-merek arloji.

Sebuah merek yg bonafit pada umumnya adalah merek dagang yg terdaftar (regristered/trade mark) satu contoh GUESS merupakan pendatang baru di industri arloji namun merek GUESS itu sendiri sudah terdaftar jauh lebih lama dibandingkan arloji GUESS. Mengapa merek paten menjadi sesuatu yg penting dibahas? menurut hemat saya merek paten merupakan cerminan dari mutu produk itu sendiri siapa yg menyangkal kalau kita berbicara arloji rasanya kurang afdol jika tidak bicara ROLEX (ya dikarenakan ROLEX merupan citra positif sebuah arloji:mutu tinggi,citra rasa bagus,nilai jual ulangnya stabil).
Itulah sebabnya merek selalu jadi hal penting jika kita berbicara soal arloji, lalu bagaimana sebuah merek baru bisa dipercaya lihatlah siapa dibelakangnya importir perorangan atau brand terkenal sederhana bukan?

SWIS MADE

Jangan mudah percaya pada kalimat “ini asli buatan swiss” kenapa? sebab banyak kali para pedagang arloji (khususnya merek baru) ngecap demikian agar kita terkecoh! SWISS MADE mengandung pengertian yg tidak sesederhana yg anda kira apa kalo sudah pakai mesin buatan swiss lalu bisa mencantumkan label dibawah angka “6” swiss made? pengertian swiss made memiliki artian bahwa arloji tersebut dibuat diswiss pengertian dibuat itu adalah: “dari sejak rancang bangun hingga jadi, lalu kontrol/QC dilakukan diswiss oleh lembaga/pabrikasi terpercaya disana”
Jadi merek A-C yang menggunakan mesin RONDA tidak berarti bisa menyebut dirinya swiss made (apalagi hanya pakai RONDA yg nota bene rakitan thailand).

Mesin-mesin buatan swiss dapat dibeli dalam jumlah banyak, bukan monopoli orang perorang kalau anda mau juga bisa beli jangankan RONDA mesin sekaliber vouljox 7750 saja bisa lalu kita pasang disebuah casing yg kita juga dapat pesan,dial yg kita beri merek sendiri lalu kita distribusikan sendiri dengan mengambil pola managemen agen resmi selesai jadilah kita pemilik merek (ini banyak terjadi dikalangan merek-merek baru yg tidak jelas asal usulnya).

MEREK YG TIDAK JELAS LEBIH DARI PALSU

Kalau palsu menurut pengertian saya adalah merek terkenal namun mutu/kwalitasnya tidak sebagaimana aslinya contoh ROLEX smua kita tahu kehebatanya namun ROLEX REPLIKA tentu tidaklah sama persis dengan ROLEX sesungguhnya. Itu baru dibilang palsu! batasanya jelas, namun merek-merek baru ini tidak jelas dibilang palsu meniru siapa,dibilang asli mutunya yg karuan bilang swiss nyata-nyata buatan china/hokongkong (parahnya lagi terdiri dari berbagai nagara casing/dial buatan china, mesin buatan japan/swiss assembling).
Jadi mereka ini meski masuk daftar ‘black list’ untuk anda yg memang gemar arloji dalam arti yg sesungguhnya bukan cuman sekedar alat penunjuk waktu semata.
ARLOJIKU tidak pernah merekomendasikan merek yg nggak jelas namun dgn terbuka jualan REPLIKA dg maksud agar kalau ada yg emang mau beli jg sampai ketipu belilah dengan kesadaran dan pengetahuan yg jelas.

MEREK PATEN TAPI STANDAR MUTU RENDAH

Beberapa merek yg beredar diindonesia tidak jarang memang merek resmi/asli seperti GUESS,LEVI’S,FOSSIL,BONIA,NIKE dsb namun dengan standar mutu rendah satu contoh LEVI’S adalah arloji digital buatan china asli dengan palsunya sama-sama buatan china. Bonia setahu saya adalah merek paten (saya pernah mereparasi merek BONIA namun memakai mesin eta 955) sedang yg beredar dewasa ini BONIA dengan mesin japan hal ini sulit di jelaskan apakah BONIA yg beredar itu palsu atau memang semikian (ada kalanya prinsipal/pemegang merek menurunkan standar mutu/memakai pabrikan mesin lain) seperti halnya GUY LAROCHE sekarang memakai mesin RONDA bukanlagi ETA.
Sehingga saya berpikir jangan-jangan kita (baca: Indonesia) hanya dijadikan tempat pembuangan sampah dari produsen arloji masuk berbagai merek namun nggak ada satupun yg bener.

KESIMPULAN

Pada akhirnya kembali keputusan ditangan anda tatkala hendak membeli arloji mau model keren dari merek yg nggak paten atau merek paten model nggak keren. Kalau keputusan yg kita ambil dengan pengertian sesudah mencermati berbagai pertimbangan ya itulah yg namanya bijak namun jangan sampai kita terkena bujuk rayu sales promotion girlnya (mentang-mentang cantik), pergunakanlah akal sehat anda jangan sampai uang jutaan rupiah hambur ditukar produk tidak jelas mendingan beli REPLIKA jelas palsu tapi bermutu….(maaf kelepasan bicara).

——————————————————————————————-

FASHIONED WATCH
(arloji : low-end)

Belakangan ini beredar luas dipasaran arloji dgn merek baru namun rata-rata dikelas low-end memang tidaklah semua arloji low-end identik dengan murahan (meski dijajaran arloji low-end kelas paling rendah). Munculnya arloji semacam ini lebih dikarekan kondisi perekonomian kita sedang goncang-gancing hal inilah penyebab utama para importir arloji negeri ini putar otak (emang otak bisa diputar?) guna menyiasati daya beli yg kian melemah.

Mengimpor arloji murah merupakan strategi jitu dengan kisaran harga 300-1 jutaan merupakan hal rasional sebab dipasar arloji bawah orang mikir dua tiga kali untuk membeli arloji dengan harga lebih dari satu juta.Namun jika kita cermati dengan harga seperti ini ada hal yg perlu digaris bawahi yakni jangan berharap mutu terlalu tinggi (baca:pas-pasan) apalagi berharap arloji terbaik buatan swiss mungkin mimpi disiang bolong!

Mungkin anda akan bertanya lalu arloji macam apa yg dipasarkan? kalau anda rajin menyimak ARLOJIKU pernah membahas mengenai ‘klasifikasi arloji’ dimana pada pembahasan mengenai arloji low-end ada banyak pemain diantaranya : GUCCI,FENDI,ELLE,ESPRIT dan GUESS.Kali ini saya hendak membahas satu merek yg cukup fenomenal dikelas low-end ini yakni GUESS.

Seberapa menariknya hingga perlu kita membahas GUESS, sebagai pemain baru GUESS cukup mentakjubkan bermula dari industri busana,parfum,sepatu dan tas GUESS merambah dunia industri arloji sebagai kelengkapan fashion. Pertama kali dilansir arloji GUESS ditahun 1993-an muncul dengan strategi jitu (belakangan banyak ditiru pemain arloji lainnya) yakni :
a.harga murah
b.model menarik (fashionable)
c.movement murah (japan movement)
Jangan berbicara mutu yang penting bisa diterima pasar dan hal ini terbukti antusiasme pasar akan merek ini cukup bagus sehingga berangsur-angsur GUESS menjadi simbol tersendiri bagi penyuka arloji (sebagian besar diantaranya wanita).

Casing brass berlapir chrome (steel back) movement japan GUESS menjelma menjadi raja kecil dikelas low-end menjadi ancaman bagi pemain lama macam GUCCI, FENDI,CK, ESPRIT yg pada gilirannya merasa kecolongan dengan manufer yg dilakukan tim pemasaran GUESS. Namun menurut pengamatan saya GUESS tidak merasa puas diri sebab pada akhirnya membuat tingkatan untuk item arloji yg mereka produksi yakni seri GUESS,GUESS STEEL,GUESS COLLECTION.

Perhatikanlah bagian ini! karena saya hendak membuat sebuah kajian mengenai produk arloji dengan mempelajari fenomena GUESS, sebagai sebuah industri sebenarnya GUESS (bahkan merek-merek lain sejenis) bukanlah berangkat dari industriawan arloji namun dengan berbagai kemudahan era sekarang ini untuk meghadirkan sebuah arloji bercitra fashion tidaklah sulit (baca tulisan sebelum ini) cukup dengan membangun citra diri brand/merek yg menglobal maka anda akan dapat memiliki/menguasai arloji untuk diperdagangkan.

Ada hal penting yg saya garis bawahi arloji yg berangkat dari merek fashion rata-rata tidak memiliki pabrikasi arloji dalam artian mereka bukanlah industriawan arloji lebih tepatnya bertindak sebagai ‘perancang/tukang jahit’ sebab dalam proses produksi lebih banyak mengambil peranan sebagai pemesan/pemberi order sementara pelaksananya adalah pabrikan arloji yg ditunjuk (banyak diantaranya berada di china) sekali lagi hal ini lebih pada tujuan berdagang semata sebab dengan cara demikian terbukti ampuh menyiasati harga jual dipasaran yg murah dan terjangkau.

Sidang pembaca yg budiman! kalau anda perhatikan merek-merek yg baru bermunculan belakangan ini sebenarnya adalah epigon dari GUESS tidak punya sejarah pembuat arloji namun bergerak didunia perdagangan arloji hasilnya ialah arloji dengan casing butan mana,movement buatan mana lalu dicitrakan sebgai arloji buatan mana.Sebenarnya semua terjadi dikarenakan belajar dari pengalaman sebuah industri arloji yg dibangun dengan susah payah serta telah melalui masa yg cukup lama (tidak jarang berusia hingga ratusan tahun) pada giliranya harus menerima kenyataan bangkrut satu diantara mereka adalah HUER diawal 80-an terpaksa merger lalu berubah nama menjadi TAG (Teknik Avant Garde) HUER.

Jadi untuk dapat bertahan dibutuhkan tidak saja keunggulan rancang bangun mesin,disain,mutu dan brand image yg baik barang kali inilah dunia yg terus bergerak namun barang siapa jeli membaca peluang dialah yg akan keluar sebagai pemenang, dibelakang HUER berbaris nama-nama besar macam TISSOT,LONGINES,TIMEX,TITUS dan masih banyak lagi yg jelas mereka adalah para senior dalam dunia perarlojian dipaksa menyerah pada tuntutan jaman.

Jangan-jangan GUESS dkk lah para pemenang itu! yg jeli membaca peluang tidak perlu mutu yg terlalu sophisticated yg penting jalan (movement japan bukan berarti jelek bukan?) tidak perlu merancang bangun industri movement sendiri cukup beli,tidak perlu bikin pabrik casing,strap dsb cukup pesan. Kekuatan sejati mereka terletak pada strategi pemasaran yg jitu inilah globalisasi namun jika anda termasuk orang yg peduli pada citra arloji yg bukan sekedar industri massal barangkali tidak akan terpuaskan dengan arloji jenis ini mengingat mereka sejatinya hanya peduli pada uang anda semata (maaf kalau terlalu apriori).

Mutu tidak bisa dibilang bagus (casing, gold plated,movement dsb) masih jauh dari kata bagus sebagai tolok ukur dalam sudut pandang ini adalah arloji swiss made casing steel pilihan, gold plated 20 micron (lapis emas dg tebal 20 micron) movement yg sudah terbukti akan kwalitasnya,jadi sebenarnya jika anda memiliki dana yg tidak memadai untuk membeli sebuah arloji swiss ya memang arloji fashion adalah pilihan namun jangan berharap banyak (apa lagi menelan mentah-mentah bualan pedagangnya yg bilang bahwa “ini buatan swiss”) bagaimana mungkin sebuah arloji seharga 300-1 jutaan dibilang swiss made!

——————————————————————————————-

ARLOJI KW alias arloji tiruan

Mungkin diantara sidang pembaca ada beberapa yg masih belum terbiasa dengan istilah arloji kw, istilah ini sebenarnya memiliki arti bahwa arloji tersebut tiruan/palsu adapun huruf KW lebih memiliki arti kwalitas jadi arti arloji kw adalah arloji tiruan kwalitas bertingkat sesuai dengan kw berapa kalau kw 1 artinya kwalitas pertama diharapkan lebih bagus ketimbang kw 2.

Namun benarkah arloji kw itu sendiri berkwalitas? dalam beberapa penelusuran yg saya lakukan istilah ini amat membingungkan sebab standarisasinya tidak jelas, setiap pedagang bisa membuat klasifikasinya sendiri-sendiri sehingga penentuan kw 1 atau kw 2 sangat subyektif, namun pada umumnya jika saya mengistilahkan arloji kw adalah arloji tiruan yg masih menggunakan mesin china made.

China movement sendiri pada dasarnya memiliki beberapa klas/tingkatan, ada yang benar-benar china made artinya hasil rancang bangun sendiri (meski sebenarnya tidak sepenuhnya) yakni biasa disebut mesin chunlai, lalu jenis yg lain adalah mesin buatan china yg meniru citizen kaliber 88 atau meniru seiko kaliber 7s26 dsb tidak jarang base kalibernya citizen namun memakai modul tambahan contoh: pakai aplikasi hari,tanggal,bulan dan moonphase.

Arloji lover! sesungguhnya china movement itu tidak jelek-jelek amat (kalau amat itu sendiri emang jelek!he..he..heee) kenapa saya katakan demikian? karena bagaimanapun jeleknya china movement indonesia tidak bisa bikin sendiri ya to?! hanya saja karena terkesan kodian maka arloji dengan china movement atau biasa dipasang di arloji palsu kw..maka terciptalah paradigma bahwa kalau arloji dengan mesin buatan china itu bermutu rendah.

Emang kasian koh a cong sudah capek-capek bikin arloji tapi dibilang jelek…nah sekarang amat bergantung dengan kejelian anda memilih akankah mendapat arloji china movement dengan mutu yg bagus? apakah itu arloji kw atau arloji replika? jawabnya ada di waktu…biarkan waktu yg menjadi hakim yg adil apakah replika lebih bagus dibanding arloji kw namun jika menilik pada jenis movement yg acapkali dipasang maka kayaknya sih replika lebih bagus dibanding arloji kw karena arloji replika pada umumnya menggunakan swiss movement (meski dari jenis/kaliber yg pasaran).
Dengan demikian jika anda hendak memutuskan membeli arloji tiruan saran saya belilah yg kategori replika sedikit lebih mahal memang namun tidak begitu mengecewakan. image025.jpg

 

89 responses to “PRIVATE ARTIKEL

  1. eko

    12 Mei 2007 at 15:43

    Mas Amos,
    Bisa jelasin artinya jewels di jam automatic nda?
    apakah kalau angka jewelsnya lebih besar berarti lebih baik ?

     
  2. pengasuh ARLOJIKU

    12 Mei 2007 at 16:57

    jewels arti sederhananya : bantalan pelicin, biasanya terbuat dari batu rubi/bahan sintetis sejenis mineral kaca (glass) berwarna merah. terdapat diatas/bawah dari as roda, jewel tidak sama dengan incablok dilihat dari fungsinya incblok lebih kearah peredam getaran serta hanya terdapat di atas/dibawah as roda balan per rambut (saya akan ulas khusus nanti,tunggu ya!).
    Benar pendapat yg menyebutkan jika makin banyak jewelnya makin baik ya sebab diatas saya telah singgung mesin berarti makin licin jumlah jewels biasanya : 5,7,9,15,17,21,30,70dst gimana pak Eko? mudah-mudahan menjawab!

     
  3. beny

    5 Juni 2007 at 02:23

    Yth. Pengasuh “ARLOJIKU”

    Saat ini saya pake arloji merk Omega Automatic Seamaster gold plated L 20 Microns, ada tanggal dan menggunakan rantai. Arloji ini saya pakai sejak tahun 1989, peninggalan ortu, dan baru 1x diservis (dibersihin) tahun 1990an. Sampai saat ini tidak bermasalah. Yang saya tanyakan :
    1. Setiap berapa lama arloji saya ini harus diservis, berapa biaya servis di ARLOJIKU ?
    2. Bisa gak ganti kaca (saat ini baret-baret) dan rekondisi lapisan emasnya (agak kusam) berapa biayanya?
    3. Bagaimana saya bisa tahu bahwa omega ini asli? dirantainya hanya tertera tulisan kecil banget “gold plated L 20 Microns and stainless steel No.12 1068 OMEGA”?
    4. Kenapa iklan arloji selalu menunjukan posisi pada jam 10.10 ? (gak ada hubungan dengan pertanyaan sebelumnya seh..hehehe)

    Terima kasih atas penjelasannya.

    beny.

     
  4. Dion

    7 Juni 2007 at 11:12

    sedikit info yang saya tau untuk menjawab pertanyaan no.4 diatas…sbagian besar iklan jam menunjukan posisi jarum antara 10.08 sampe 10.10 karena posisi itu menyimbolkan “V” yang dapat memberi inspirasi konsumen karena memiliki makna Victory. Selain itu “V” juga dapat pula menyimbolkan “smile”….bayangkan apabila iklannya menunjukan angka 8.20 ato 8.25…smoga membantu

    dion

     
  5. Awang

    10 Juni 2007 at 08:16

    Saya awam di bidang arloji, baru saja saya diberi arloji oleh orang tua merk Piaget, di belakangnya ada angka 80539.
    Kalau boleh tau, arloji ini berapaan ya harganya?

     
  6. BoB

    13 Juni 2007 at 08:22

    Pak Amos dan Pak Dion,
    Saya pernah dapat cerita dari teman di Swatch (Swiss Watch Digital) bahwa iklan arloji/jam dinding/berdiri sekalipun senantiasa jarum panjang di angka 2 dan jarum pendek di angka 10 alias membentuk “V” semata-mata standar alasan bisnis universal, yakni merk arloji/jam bersangkutan menjadi sangat jelas terbaca oleh konsumen… hehehe mungkin alasan sederhana yang sangat masuk akal ya?… Salam,-===BoB

     
  7. stefanus

    15 Agustus 2007 at 04:58

    Wah, Web-nya makin seru aja nih pak Amos………

    Pak mau nanya nih, movement automatic itu apakah ada usia-nya?

    Saya punya bbrp arloji replika automatic yg memakai mesin asia 7750. Pak Amos, mesin asia 7750 itu apa diakui oleh dunia horologie (terutama negara Swiss sbg produsen,penemu & penciptanya). kalo tdk diakui, kenapa mrk (peniru-nya) berani memberi embel2 asia 7750?

    Trus, sistem kerjanya movement automatic apakah seperti movement handwinding? sebab terkadang kalau arloji automatic tsb mati krn lama tdk dipakai apakah mesti hrs diputar dulu (spt handwinding)? sebab selama ini saya memakainya tinggal menggoyang aja.

    thx banyak Pak Amos….. Sukses slalu…..

     
  8. Joko

    10 Oktober 2007 at 04:02

    selamat pagi Pak Amos

    Terima kasih banyak banyak atas comment saya sudah direply, saya sebenarnya termasuk penggemar pemula arloji pak, dulu pas masih sekolah selalu main digital, beberapa seri Casio yang aneh2 saya miliki, seiring dengan berjalannya waktu semakin kita dewasa jadi ngga tertarik lagi dengan teknologi quartz juga digital ya….saya pengen nyoba nyari seri replika rolex daytona dengan swiss movement, sebelumnya ditawarin beberapa model dari temen juga nanya ke toko, harganya sangat bervariasi, dan kualitas finishing sangat berbeda. Replika yang saya cari model daytona stainless dengan back dial putih, karena pak Amos kemarin menawarkan bisa memesan dari situs ini maka berapa harga untuk tipe ini?

    terima kasih

    Joko

    “rata-rata chronograph matik kami jual 3 jt dengan garansi 1 th berminat?

     
  9. Thomas

    10 Februari 2008 at 07:58

    pak saya lagi pengen beli jam seiko… klo yang automatic n ada chronographnya harganya kisaran berapa ya pak?? trus klo seiko itu mesinnya bagus n tahan lama ga pak?? soalnya kan kata bapak banyak yg merek terkenal tp mesinnya kurang bagus// makasih sebelumnya

    “Untuk semua watch lover! perlu sekali untuk diperhatikan bahwa jika anda henda memutuskan membeli arloji BELILAH DIAGEN RESMI atau kalau TIDAK DITEMPAT YG ANDA YAKIN BISA DIPERCAYAI mengingat susah menemukan barang bagus dewasa ini, menjawab pertanyaan bro Thomas sekarang SEIKO seri chronomatik dah tdk diproduksi lagi kalopun ada itu 2nd jika anda tinggal dijakarta coba cari di SEIKO BLOK M atawa SEIKO PASAR BARU selamat mencari…”

     
  10. Santo

    8 Maret 2008 at 15:09

    Pak Amos,
    Beberapa hari yang lalu kebetulan saya jalan2 di mall lalu tertarik dengan sebuah jam Christ Verra Automatic Sapphire Limited, lalu saya beli seharga 1,2jt.
    Trus yang jadi pertanyaan koq jam merk Christ Verra nggak ada situsnya di internet ya seperti merk lain kayak Seiko atau Orient gitu? Udah nyari2 nggak ketemu juga. Apa bener jam merk gitu katanya bikinan Perancis? Apa Pak Amos punya alamat situs Christ Verra untuk ngecek model2 jam terbaru?
    Sebelumnya tq banget ya…

    “hallo bro Santo! selamat bergabung di WATCH LOVER COMMUNITY langsung ke inti pertanyaan ya, tidak semua arloji memiliki alamat situs mengenai buatan (coba baca PRIVATE ARTIKEL) dewasa ini emang banyak bermunculan arloji dengan merek baru bisa saja merek ini emang dari manca negara namun buatan tidaklah selalu harus dari negara dimana merek tersebut dikeluarkan contoh: GUESS merupakan merek USA namun tidak semua produknya buatan USA termasuk arlojinya.Mudah-mudahan jawaban ini bisa menjelaskan”

     
  11. mahenZ

    6 April 2008 at 14:18

    Salam Kenal Pak Amos..,

    Saya penggemar arloji sudah cukup lama tapi masih sangat awam dengan banyaknya bermunculnya arloji yang susah sekali membedakan antara yg Ori dengan Aspal (asli tapi palsu). pertanyaan saya
    1. saya punya Mido Commander Automatic kok tanggalnya berubahnya tidak sesuai ato ngestnya harus pas malam hari waktu pergantian tanggal ini saya pehatikan setelah arloji tsb saya poleskan,apakah ada yang salah dengan mesinnya ato emang itu ciri khas dari mido. (sama dengan Guess Colection saya)
    2. Saya punya beberapa Arloji Swiss Expedition, saya awalnya saya mengira itu Arloji asli dari Swiss tp setelah saya baca tulisan dari pak Amos kok saya jadi ragu,jadi Swiss Expedition ini menurut pak Amos tergolong Arloji yang mana dan bagaimana kualitasnya..?
    3. Saya juga punya Nautica harga sekitar 1.5jt menurut pak Amos tergolong Arloji yang mana dan bagaimana kualitasnya..?

    Awalnya saya berpikiran dari pada saya beli Arloji Replika (Aspal) mending saya beli arloji yang Asli tp harganya terjangkau seperti arloji diatas tp sekarang say jadi ragu dengan keaslian dan kualitas dari arloji tsb. Jd meurut pak Amos gimana mohon penjelasannya..
    Tq before….

    “Mido merupakan arloji yang kebanyakan menggunakan mesin ETA salah satu ciri mesin ETA perpindahan kalender menunjukan pukul 24 (kedua jarum yakni jarum panjang/menit dan jarum pendek/jam berada dalam satu garis/numpuk) jika tidak demikian bisa jadi settingan jarum perlu diperbaiki. Saya berpikir para watch lover mulai kritis pada waktu memutuskan hendak membeli sebuah arloji jangan mudah tergiur dgn promosi ataupun provokasi pihak pedagang belilah arloji yang anda suka ditempat ahlinya (yang dapat memberikan penjelasan/ulasan dgn benar)”

     
    • Muhaimiin

      21 Februari 2012 at 22:50

      Saya punya jam tangan MIDO disamping tanda 9 terdapat tulisan Commander Ocean Star, yang ingin saya tanyakan adakah masih Plate nya orang jual.. saya mau ganti dengan tipe yang serupa masalahnya jam ini udah buram plate nya karena peninggalan bapak mungkin sudah30 tahun lebih.. mohon info dan harganya

       
      • Amos

        23 Februari 2012 at 07:27

        Jawaban buat bro MUHAIMIIN:
        “Ada bro ARLOJIKU bisa mengerjakan proses tersebut silahkan kontak 021-98576294″.

         
  12. Lhucat

    23 April 2008 at 16:27

    Pak Amos yang wokeh.. hehehe..

    Pak, saya pengen sedikit diskusi nih. Bagaimana tanggapan Pak Amos mengenai serbuan para kolektor atau pedagang asing di pasaran arloji Indonesia. Apakah itu sesuatu yang positif dan menguntungkan atau tidak? Alasannya kenapa?

    Ada beberapa berita (benar atau tidaknya saya juga gak tau) saya dapat dari teman dan pedagang arloji di Jakarta bahwa serbuan para pedagang/kolektor asing sudah sangat gila-gilaan. Mereka sekali borong gak tanggung2, bahkan sampai arloji rusak pun mereka sikat untuk merk2 tertentu. Ada apa ya Pak dibalik semua ini? Apakah memang Indonesia lahan yang subur buat para pedagang/kolektor asing? Lalu untuk apa arloji2 itu semua?

    Saya pribadi punya pendapat bahwa arloji2 vintage sudah bisa masuk dalam barang yang mempunyai ‘nilai’. Walaupun bukan buatan asli Indonesia, tapi apakah bisa disejajarkan dengan barang2 antik lainnya yang memang buatan dalam negeri dan mendapat perlindungan khusus?

    Apakah ARLOJIKU bisa mewadahi semua ini? Ikut berperan serta melindungi dan menjaga jangan sampai punah arlojie2x vintage dari Indonesia?

    Kalau kita liat disitus-situs asing yang menawarkan arlojie vintage, harganya memang sangat menggiurkan sekali. Apakah ini yang jadi salah satu motivasi para pedagang di Indonesia rela melepasnya kepada pihak asing? Lalu jika nanti arloji2 vintage itu sudah benar2 habis dibawa oleh pihak asing, apa yang akan terjadi? Bagaimana tanggapan dari ARLOJIKU? Bagaimana pula dengan nasib para pedagang dan kolektor dalam negeri kita atau bahkan anak cucu kita kalau sampai nanti akhirnya mereka hanya bisa melihat arlojie vintage di internet (situs asing). Mungkin saja di dalam situs2 asing tersebut ada arlojie yang dulunya milik kakek moyang mereka.. hehehe

    Terimakasih.

    “membaca curahan isi bro LHUCAT saya jadi pingin marah! (bukan pada bro lhucat lho!) pi marah pada keadaan dimana terkondisikan smacam ini. Bagi saya pribadi ada 2 (dua) kepentingan menyikapi fenomena ini pertama,dari sudut pandang sbagai broker ya iyalah menguntungkan dimana perbedaan nilai tukar acapkali jadi gula-gula bagi pedagang lokal tuk mengkais untung besar. Kedua dari sisi sbagai pencinta arloji fenomena ini hanya akan mendatangkan kegundahan dikarenakan bakal punahnya species arloji vintage dari tanah ibu pertiwi….masak kalo kita mo liat arloji merek GARUDA mesti ke singapura pan nggak lucu pada hal merek GARUDA itu merek original INDONESIA…gimana nih! (untuk itulah perlu adanya kesadaran yg muncul dari antara kita untuk mempertahankan arloji tua jangan sampai musnah begitu saja…setuju??”

     
  13. Edo

    21 Juni 2009 at 08:13

    Pak Amos..
    Wah saya jadi dpt pencerahan banyak dari web bapak ini. Sekalian mo tanya nih, saya punya arloji matic Mido Ocean Star, diatas angka 6 nya tertulis “powerwind”, dengan fungsi tanggal juga. Ini peninggalan dari kakek saya, jadi kemungkinan besar usianya sudah lebih tua dari saya, mgk hampir 40 tahunan. Rantainya logam tapi elastis, ada merknya SAMSON, entah itu rantai bawaannya atau dah pernah ganti aku ga tau. Waktu saya temukan saya pikir sudah rusak karena sudah lama sekali ga dipake. Ternyata setelah saya goyang poco-poco kan masih bisa on lagi…walaupun tombolnya sudah agak berat,perlu diminyaki kali ya. Arloji jenis ini kalo dijual kira2 sampe brapa ya pak? Saya sih ga ada rencana jual, sayang, barang antik. Sekarang aja saya sering pake sendiri biar aktif terus. Sekedar pingin tau aja nilai rupiahnya..
    Thanks berat pak…

    “emang semua kalo di goyang pasti idup..he3X..MIDO POWERWIND kategori medium tapi seri yg low so nilai nominalnya sekitar 1jt-an”

     
  14. Franky

    29 September 2009 at 06:56

    Salam kenal….

    Saya terbilang pemain baru dalam dunia koleksi jam tangan. saya ada beberapa pertanyaan, yang bikin penasaran banget.

    1. Apa bener kalau Jam merk Garuda itu brand asli Indonesia, padahalkan pada angka 6 tertulis Swiss Made?
    2. Saya baru2 ini dapet jam dengan merk Yamato, pada casing belakang ada tulisan Sakura Tokei Co. Ltd, sepertinya sih itu nama pembuatnya, karena pada mesinnya sendiri dan pada angka 6 terdapat tulisan STCL ( sepertinya sih itu singkatan dari Sakura Tokei Co. Ltd ). Boleh minta ulasan mengenai Yamato ini ?? soalnya saya coba cari tidak ada situ s yang punya info mengenai jam yamato ini.

    “gile bener..suatu saat kita bikin pameran yuk? mereknya makin aneh..bro GARUDA memang inul eh maksud saya memang betul itu merek lokal Indonesia..pertama dilansir kisaran tahun 60-an bahkan konon ceritanya itu arloji pesenan maskapai GARUDA air ways coba perhatikan logo kepala garudanya identik dengan logo garuda indonesia air ways..sayang ditahun akhir 70-an koleps..kena serangan jantung lalu jiwanya tidak terlontong..wafatlah merek kebanggaan soal swiss made itu artinya dibuat diswiss kan banyak arloji merek bukan swiss tapi dibuat diswiss..sebenernya ada keingginan saya untuk membuat proyek GARUDA FLY BACK ada yg tertarik? yg serius call 021-98576294. soal YAMATO bisa jadi merek buatan jepang seperti sodaranya yg lain RICOH,SANYO,ORIENT,CITIZEN DAN SEIKO jepang banyak melahirkan arloji lokal tapi yg bertahan sampai sekarang tidak lebih dari 3 nama yakni CITIZEN,SEIKO dan ORIENT maaf perbendaharaan saya soal merek ini terbatas”

     
  15. ach

    12 November 2009 at 15:47

    yang ingin saya tanyakan apakah kursi(kursus singkat) arlojiku hanya ada di jakarta aja,,,???!
    truz dikota-kota lain ada ga’…?? misalnya disurabaya…?!?!

    “surabaya, kami pernah ngajar sampai sana kok so daftarkan diri anda maka kami akan datang. Ok!”

     
  16. arief budiman

    19 November 2009 at 18:33

    salam kenal mas amos…

    wewhh….,hebat bener bapak satu ini.paket lengkap watchledge dah……. :-)

    pengen tanya niy..

    1. br aj beli SEIKO’5’sport/7s36.02p0 AO wp/call 7s36B,23jewel.persis yg dipages arloji baru mas amos no 2 dr atas(bwh ‘baby monster’).cm beda dibezel(sy pny yg black).stlh it sy cb bk di net,tipe it ada.dgn no seri yg sama+tipe yg sama(7s36.02p0 AO).
    2. tp yg saya heran, djam saya ga ada tulisan ‘MADE IN JAPAN’ ny sm sekali ya?sedangkan yg sy liat d web it ada..baik dicaseback nya mwpun di bawah dial angka 6(pny saya d bwh dial6 hanya ada serial call lengkap namun tanpa tulisan “MADE IN JAPAN”.begitu pula caseback nya). memang web it asalnya/dom sale 4 USA(liat dr e-bay.ad ket “usa only”).bkn Japan atw web resmi SEIKO.apa emang begitu?setiap item produk SEIKO5 (khususnya tipe yg sy punya)utk region beda mk beda pula asal rakitannya?. lantas apakah SEIKO5 yg saya punya ini asli,aspal,atw replika,atw SEIKO china/thailand/manufactur chin,thai (bukan JAPAN)??_jam ini sy beli disebuah toko jam yg paling terkenal d kota JoGJa/dealer resmi SEIKO jg.
    3. dlm sebuah forum ad tip utk melihat “kpn SEIKO anda dibuat”.yaitu dpt dilihat dr seri reg produk yg ada pd casebacknya/yg terprint dikaca nya/transprn casebackny.tp lagi2 di jam saya kok g ada jg ya(???).hanya ada tulisan seperti ket di poin 1 diatas.
    4. kira2 SEIKO Dive SKX007/200m, brapa hrg pasarannya ya?dan apakah masih diproduksi (baru)&dipasarkan di Indo?

    mohon pencerahannya mas amos…biar g buta lg..lg demen ama SEIKO niy.p nyoba bwt koleksi… ;-)

    makasi banyak mas bwt ket nya.

    salam hangat

    nb: “GARUDA FLY BACK” project udah sampe mana mas progresnya??

    “saya jawab secara singkat aja (abis pertanyaannya panajng macam sinetron di tv..he..he..) begini bro! hampir bisa dipastikan bahwa SEIKO yg ente beli itu bukan palsu nah, kenapa beda ini itu dengan yg lainnya (seperti soal japan made dsb) kalo tidak salah dalam artikel saya sudah pernah saya singgung bahwa Indonesia itu “tong sampah” artinya produk yg dipasarkan dikita itu emang nggak sama dg yg dipasarkan diluaran. Bisa jadi itu adalah seiko assembling maka tidak ada “made in japannya” kenapa bisa begitu ya itu tadi “tong sampah” produk yg japan made harga modalnya mahal maka importir (baca agen resmi) memilih masukin barang rakitan non japan macam mobil CBU dgn CKD gitu deh..FLY BACK GARUDA garuda sedang menginventaris model (ente ada kirim picnya by email) tetap semangat ya pantang mundur ”

     
  17. teguh

    17 Desember 2009 at 14:43

    giman caranya mendapatkan jam tangan asli

    “call 021-98576294″

     
  18. teguh

    23 Desember 2009 at 15:05

    makasih atas infonya bang…

     
  19. fahrul

    24 Desember 2009 at 04:23

    begini mas Amos, klo arloji fashion ibarat tukang jahit… kasing pesan dimana, mesin pesan dimana, namun gimana dengan arloji Rolex, Breitling, dkk…
    mereka mesin juga pesan ke pabrik ETA Swiss, ETA Factory gak bikin jam cuma movement. seharusnya Arloji Rolex mesin juga Rolex dong… Seperti Seiko movementnya In-house. Bagaimana menurut pendapat mas Amos…?

    “diera sekarang ini siapa yg cerdik dia yg menang, nggak jaman pakai okol…nah produsen yg sudah pada punya nama besar itu tyergolong cerdik so..nggak pakai okol kan…”

     
  20. iwan silaban

    3 Mei 2010 at 03:18

    Buar Mas Amoss

    Saya orang yang awam , baru2 ini saya membeli jam tangan Merk SWISS ARMY ( di sebelah angka 3) ada tulisan CHRONOGRAPH dgn seri HCC-81688/8 , yang saya tanyakan 1.artinya CHRONOGRAPH itu apa ?
    2.Jam tersebut asli made in swiss atau madein China ?

    trims

    coba bro baca semua artikel yg sudah ane posting di blog kesayangan kita ini sepertinya sudah ane bahas deh apa itu chronograph dan swiss army itu buatan mana jadi..iqro..deh!

     
  21. Imar

    13 Mei 2010 at 02:21

    Mas Amos,

    saya mendapat tawaran dari :

    http://www.facebook.com/album.php?aid=168331&id=183660909138

    diliat dari gambar dan harganya, menurut mas itu asli ya?

    terima kasih udah membantu.

    salam
    Imar

    arloji kategori fashion merek baru kelas low-end

     
  22. Joko

    16 Mei 2010 at 11:13

    Salam kenal sebelumnya pak Amos ^_^

    Kira2 sekarang ini Toko yg menjual arloji terpercaya dimana saja ya?

    karena saya ada rencana mau beli merk seiko.

    Mohon kiranya dapat memberikan bantuan nya, sy cm bisa membalas dengan doa semoga Anda sekeluarga diberi kesehatan dan rejeki yg berlimpah :)

    Thanx…

    untuk seiko coba ke melawai ni no. tlpnya 021-7208717 atau plaza senayan 021-5725689. makasih atas doa-doanya smoga kita diberi panjang umur dan sehat wal afiat,amin!

     
  23. Sarjito

    11 Agustus 2010 at 19:11

    Salam Kenal Pak Amos…

    Baru-baru ini saya beli luminox seri 3059.
    Pertanyaan saya, kenapa kadang-kadang jam tersebut berhenti berdetak pada tempat yang sama. 23.20 kalau ngak salah. Baru ketauan besoknya, tapi setelah tombol saya tekan ulang…baru jalan seperti biasa.

    Thanks berat

    meski di bawa ke service cntre nya tuh sepertinya ada maslah pada jarum yg nyangkut..

     
  24. Erwin

    19 Agustus 2010 at 15:30

    Pak amos..bisa minta list jam yang ada gak, skalian harganya. trims

    dikirim lewat JAPRI bro..

     
  25. novil

    21 Agustus 2010 at 12:59

    pak amos,,trus kalo merk SWATCH gimana??
    itu jelek ya kualitasnya menurut bapak??
    dy trmasuk merek baru juga? trims

    SWATCH itu arloji swiss yg diciptakan dengan konsep praktis,ekonomis dan modis…sebagai bentuk perlawanan arloji asia (baca jepang) makanya swatch kalau di eropa sono rusak buang…nah begitu masuk indonesia jadi masalah karena rusak nggak bisa diperbaiki makanya swatch sudah kali kedua ganti majikan di indonesia yg terakhir dikelola oleh MITRA ADI PERKASA jadi swatch itu bukan arloji jelek jangan salah swatch itu sekarang yg mengayomi OMEGA,TISSOT,RADO,MIDO, TAGHuer dll mesin dah pasti ETA karena swatch group itu juga yg punya ETA dan pabrik batrey arloji RENATA

     
  26. tommy

    28 Agustus 2010 at 15:46

    pak amos saya mau tanya, saya punya jam tangan swatch yang tombol putar jamnya patah dan sudah bertahun-tahun rusak apakah masih bisa diperbaiki? model jamnya plastik.
    dan kalau saya mau KURSI apakah harus datang ketempat bapak dan berapa biaya KURSI nya? terima kasih.

    SWATCH plastik tidak bisa dibetulin, KURSI diselenggarakan secara private waktu dan tempat peserta yg menentukan keterangan lebih lanjut hubungi 021-98576294

     
  27. hannz

    14 Oktober 2010 at 07:15

    pak Amos yang terhormat,
    mau tanya,sebelumnya maaf klo salah tempat,
    arloji merk id definition itu buatan mana?
    tu jam range harganya dari berapa sampe berapa?apakah nyampe $500 harganya?
    apa merk id definition itu sekelas dengan tissot,guess,police?atau sekelas jam merk apa?
    gimana mbedain jam asli ma jam kw?apakah ada ciri2 jam kw/jam asli selain buku garansi?

    yg terhormat tu anggota dewan bro ane mah biasa aja kali…hehehe..gimana kalau ente ikutan KURSI keterangan lebih lanjut 021-98576294

     
  28. abul hasan

    16 Oktober 2010 at 23:45

    Mas mau nanya, klo arloji merk “mounte christ” itu buatan mana ya? Kok di website resminya ga ada? Merk bagus atau rendahan?

    hehehe…ini merek lokal om…kantor pusatnya di cengkareng…

     
  29. frog2clowr

    30 Oktober 2010 at 02:31

    Bung amos, salam kenal….
    Baru2 ini saya menyukai arloji…. Beberapa hari yg lalu saya beli alba vx43-x065… Saya buka2 di web koq ga ada seri tsb ya…. apa jam itu palsu ya…. Dapet garansi 1 th jg…. Makasih…. Salam arlojiku…..

    tidak semua seri bisa ditemukan di web apalagi untuk pasar indonesia biasanya 2nd seri dibanding negara2 lain…jadi bukan berarti palsu kalau tidak kita temukan di web bukan?

     
  30. novral wierland evendri

    30 Oktober 2010 at 12:15

    PENGASUH ARLOJIKU YTH

    Saya ingin membeli arloji merk casio data bank seri DB 360 “digital” apakah produk tsb bagus n ORI.?bgmna cara kita membedakan antara arloji casio ORI VS palsu “KW”.?
    klu arloji digital yg menggunakan solar sytem itu tahan gk ya..?

    Terima Kasih sblmya

    CASIO merek arloji terdepan diteknologi digital..solar sistem merupakan salah satu produk unggulannya soal ketahanan relatif tinggal gimana kantong kita aja kalau mau yg tangguh pilih seri high gradenya CASIO..

     
  31. gede

    6 November 2010 at 02:55

    salam kenal…
    Saya mau nyari jam tangan..rencananya ,mau nyari yang casio pengen yang ada analog sama digital..
    kalo seri kalo seri edifice termasuk bagus ap enggak??
    trus cara bedain yang asli sama kW gimana?
    makasi atas jawabnnya.

    saran ane CASIO jangan yg dual mode (analog&digital) biasanya sih kalau bermasalah susah dibenerinnya..so cari aja yg kalau analog only analog begitu juga sebaliknya. EDIFE keren juga tuh… sementara ini CASIO belum ditemukan tiruannya.

     
  32. Toni

    13 November 2010 at 16:05

    Mas, mohon maaf nih, tp Tag Heuer kn dulu thn2 1990 an pernah ngeluarin mcm2 seri yg modis2 tp murah2, trs kyknya walaupun swiss made tp mesinnya jepang deh. Soalnya batery movement sih, lagian ada yg featurenya tuh persis kayak Citzen Alarm Chronograph 100 m punya saya (mungkin masuk tipe Promaster kl ya? ) lengkap dgn tiga jarum krono yg fungsinya bwt stopwatch, menu sm detik dn ada petunjuk tingkat kekerasan bunyi alarm. Kok bs persis ky gitu ya?dugaan sy mesinnya jepang tuh. Dan sy sering liat iklannya tuh Tag Heuer di hlmn blkng majalah2 sehalaman penuh dg latar blkng gbrnya mobil balap F1. Jadi penjelasannya gmn nih? jamnya sih tampangnya bagus, water resist, warna-warni, lengkap dg ring bezel yg bs diputar tp persis bngt sn Citizen sy punya tuh. Bedanya cmn kl Citizen sy di bwhnya ada tulsn kecil Japan, kl dia Swiss made, hehehehe… makasih Mas Amos salam Chronomania!

    kirim picnya..ke amoslw@yahoo.com nanti baru ane komentari

     
  33. yessherajagukguk

    18 November 2010 at 05:19

    Salam kenal,

    Saya berencana membeli jam tangan swatch. Pilihan saya antara Swatch Luludia atau Warm Glow. Saya ingin tanya mas, kira-kira di antara kedua itu lebih bagus mana ya? Apa kelebihan dan kekurangannya? Kalau seandainya, produk tersebut rusak, apakah bisa diperbaiki? Karena katanya kebanyakan produk swatch kalau rusak tinggal buang. Mohon pencerahannya. Thanks.

    semua produk swacth tidak ada yg jelek..namun emang patut disayangkan yg berbodi platik dan mesin quartz kagak bisa dibenerin

     
  34. Bram

    22 November 2010 at 17:32

    Bro..gw lg suka sama model2nya GC ni..menurut bro…mesinnya dia gmana bro??? napa harganya beda sama GUESS biasa harganya?? dengan harga GC yg kira2 6jtaan (jam cowo) sesuai dengan kualitas mesin n materialnya ga bro?? umurnya klo pemakaian biasa itu mesinnya bsa brapa lama y bro??

    mohon bantuannya suhu..

    suhu apa celsius apa farenheith…wkwkwk.. jika ente punya bugjet 5 jt saran ane jangan beli UESS cari 2nd hand swiss made karena masih memiliki nila jual ulang yg tidak nyesek jika ente re-sale…knapa jangan GUESS merek ini barunya mahal tapi 2nd handnya jeblok… soal mesin GUESS COLLECTION jauh lebih baik dibanding GUESS biasa…(ini sekedar saran ya bukan nganjurin…)

     
  35. Fitha

    30 November 2010 at 07:05

    saya tertarik jam tangan bonia seri BN-619-2035C yg ada di http://www.radatime.com/ladies-collection.php?brand=BONI&show=all&by=22&page=1
    jam2 yang ada di situs tersebut asli ato palsu ya, krn tokonya ada di medan jd tdk bisa dilihat2 dulu, bisa minta infonya, kira2 di daerah mana di jakarta saya bisa dapat jam tangan bonia yang asli ya? terima kasih sebelumnya atas responnya

    jakartanya mana nih…bisa ke grand indonesia, atau mall terdekat…kok met belanja ya…

     
  36. sammy

    30 November 2010 at 07:56

    setelah baca private artikel yg lugas dan blak2an…pikiran saya jadi terbuka banget nih

    tengkyu…tetep tambah artikelnya dong pak

    hehehe…nantikan dalam bentuk buku saku…sabar ya lagi semedi di gunung klud nih wkwkwkwk

     
  37. donald

    11 Januari 2011 at 06:14

    saya mo tanya, untuk link situs yg menjual yg ada di halaman ini apa itu situs yg di rekomendasikan om amos??

    warm regards

    tidak…sekedar pilihan pengunjung aja…ane kagak merekomendasikan situs serupa/sejenis bukan takut bersaing hehehehe tapi sekedar menjaga independensi aja…

     
  38. chokie

    15 Januari 2011 at 14:33

    pengen tau don tentang jam merk sandoz

    wkwkwkwk itu arloji pertama ane…wektu misih abg abis potong titit ane dapet hadiah dari bokap…SANDOZ arloji low end dengan model kebnyakan tipe “dress watch” rata-rata hand-winding mesinnya ETA swiss..terakhir beredar penghujung taun 80-an sesudah itu tutup usia…tapi belakangan muncul lagi menggunakan mesin QUARTZ banyak beredar di THAILAND

     
  39. Farid

    16 Januari 2011 at 08:18

    Selamat sore pak amos..
    Saya berencana membeli jam dengan budget kisaran 3 jt-an, Saya bingung menentukan pilihan antara seiko sportura, citizen eco drive, dan tissot (yang 3 jt-an ternyata ada). Pertanyaan saya :
    1. Lupakan model, kalo dilihat secara “kualitas” dari ketiga merk tersebut, mana yang paling OK?
    2. Saya orangnya mudah sekali berkeringat, jadi saya “terpaksa” menyukai jam ber-strap karet. bisa kasih rekomendasi jam strap karet terbaik dengan budget saya sebutkan diatas?

    Terima Kasih sebelumnya..
    Semoga makin sukses..

    dari tiga jawara yg ente sebutkan masing2 punya kelebihan dan kekurangan over all TISSOT lebih bergengsi karena dari swiss but seiko dan citizen juga ok…karet strap..knapa nggak coba lirik CASIO…

     
    • amos

      17 Januari 2011 at 06:37

      dari ketiga merk di atas, tissot paling unggul, dikarenakan arloji swiss made,. maybe budget 3jt dapet tissor PRS50

       
    • amos

      17 Januari 2011 at 06:43

      tissot lebih unggul, karena arloji swiss made, dengan budget 3jt anda bisa dapat seri PRS50

       
  40. erry

    14 Maret 2011 at 14:25

    Hali P. Amos

    P. Amos, sy punya tag heuer cmn lupa typenya dalam keadaan mati. Awalnya kaca retak trus kemasukan air jd jarumpun ikut berkarat. Sdh sy cb tanyaken hasilnya harus ganti mesin (khan mahal). Bisa nggak aku kirim ke Bapak utk diperbaiki dan brp ongkosnya?

    salam Erry-Surabaya

     
    • George

      18 Maret 2011 at 10:55

      Untuk pembicaraan ini kita lanjutkan via telp saja pak di nomor 02198576294, supaya dialog kita real time ya toh… terima kasih…

       
  41. kudoada

    19 Maret 2011 at 10:57

    mas amos mw tanya nuy, q punya jam alexandre cristie 6125MC, yang ku tanyakan: pergerakan tangggal jam ku kok lum jam 00.00 tepat kok ud bergerak? alias jam setengah 12 ud bergerak? i2 apakah mesinnya ad masalah atau memang pakai mesin begito? lo di web alexandre cristie pakai Quartz movement. tolong dijawab ya mas. terima kasih atas pencerahannya. lo bisa krim ke email saya kudoada@yahoo.co.id

     
    • George

      19 Maret 2011 at 12:53

      Untuk pergerakan date wheel alias ‘roda tanggal’ emg begitu, krn mesin quartz ente gak dilengkapi quick set date. Coba aja baca di manualnya pasti dilarang setel tanggal sekitar tengah malam (biasanya jam 22:00 sampai jam 04:00). Itu bukan tanda jam kesayangannya rusak, so smile and keep wearing it in good health ;-)

       
  42. kudoada

    22 Maret 2011 at 11:18

    pak sebelum’e trims ud jawab pertanyaanq, mw tanya lagi tentang perbedaan arloji KW dan Arloji Replika itu ap?
    lo ud di posting, posting di halaman mana biar sy cari??? trims maju terus arlojiku

     
  43. kudoada

    1 April 2011 at 19:14

    mas amos tanya lagi nuy untuk budfet skitar 500rb jam yang lebih prefered ap ya??? kira2 merk ap???
    untuk fashion watch yang msin tahan lama ap mas.. terimakaih banyak

    kalo yg dicari mmg fashion watch boleh coba merk Fossil aja…cukup kuat untuk ukuran harganya…

     
  44. Loeqman Soewanto

    3 April 2011 at 08:30

    Saya punya Tag Heuer klau tidak salah type 2000 SE, dibeli tahun 1994. Sekarng mesin rusak berkarat mungkin ICnya juga rusak.
    Cashingnya masih OK dan saya ingin menghidupkan lagi.
    Apakah ada mesin original atau replika yg sekaliber dia? Dimana saya bisa datng untuk memeriksakan atau sekaligus mereparasi?
    Terima kasih.

     
    • George

      5 April 2011 at 14:12

      Pak Loeqman,

      Silakan menghubungi call center kita di nomor 021 9857 6294, atau kalau berkenan boleh jg datang langsung ke workshop kami di Jln. Cibodas Raya no. 98 Perumnas 1 Tangerang. Mengenai ganti mesin nanti kita coba lihat dulu kondisi arlojinya :-)

      Cheers,
      G

       
      • Loeqman Soewanto

        5 April 2011 at 17:49

        Saya sudah jumpa dan serah terima TH sya ke mas Amos.
        Tolong saya diupdate perkembangannya melalui email saya
        Thanks

         
        • George

          6 April 2011 at 06:54

          Siap pak Loeqman, semoga puas dengan layanan kami.

          Cheers, George

           
          • Loeqman Soewanto

            7 April 2011 at 18:58

            Gearge, mau tanya ya.. di tahun 2000 an ad jam merk 25Hours.
            Adanya di Carrefour dan Pasar Baru. Jam buatan mana ya ?
            Apa masih ada yang jualan di Jakarta. thank you

             
            • George

              9 April 2011 at 15:53

              Dari info yg saya dapatkan, sepertinya 25Hours ini merk fashion watch. Apakah masih ada yg jual di Jakarta saya jg kabur infonya hehehe… Apa lg nyari fashion watch pak?

               
  45. kudoada

    5 April 2011 at 12:15

    mas bro maap tanya lagi nuy.. jam yang ad tanggalan’e ntu kan tanggal’e ampe 31 lha trus kan ad tanggal yang ampe 30 bahkan 28, misal kn krg April ampe tgl 30 y? itu tanggalan di jam nanti bis 30 kan muter ke 31 lha sedangkan tanggalanya sekarang tanggal 1 itu gmna?? otomatis berubah atau diputer tanggalnya jd tanggal 1.
    trs 1 lg lo jam tanggan batrai gak boleh diputer tidak searah jarum jam ta?? trs tanggal di jam q kok muter’e tambah terus gak bisa diputer ke belakang tanggal’e

     
    • George

      5 April 2011 at 14:06

      Jam tangan yg beredar di pasaran semuanya harus ganti sendiri secara manual tanggalnya, kecuali kalo jam tangan tsb punya fitur Perpetual Calendar, yaitu seluruh kombinasi tanggal, hari dan bulan sampai dengan tahun tertentu (biasanya dibuat sampai tahun 2099) sudah disetel di roda tanggal, sehingga nanti akan terus berganti secara otomatis. Muternya emang nambah terus pak Kudoada, hanya ada sedikit jam yg roda tanggalnya bisa diputer mundur; hati-hati soalnya kalo puter sembarangan bisa rusak tuh roda tanggal… Jd tanggal lah rodanya he he he

       
  46. Loeqman Soewanto

    7 April 2011 at 19:51

    Mas Amos, kalau GTG itu komunitas mana dan seperti apa mereka. Apakah mereka juga punya forum terbuka seperti Arlojiku ?
    Kelihatanya mereka main di high end ya.
    Thamk you.

     
  47. denmas

    15 April 2011 at 17:26

    Mas Amos,

    Saya kepingin beli jam tp yg ga usah mahal2 sekitar <sejutaan aja…
    yang penting original/mutunya bagus atawa tidak mengecewakan

    Saya kepincut dengan Alexandre christie yg model sport ini seri AC 6052 cz di samping chrono jg ada tachymeternya dan ukuran jamnya tidak terlalu gede2 amat, pertanyaannya:

    -apakah chrono dan tachimeternya berfungsi normal?
    -worty gak sy membeli yang itu (sesuai harga ga)?
    -ada rekomen beli dmn lagi mas selain yang di agen resmi AC (taman anggrek, senayan city, kairos&citramulia) cz yang di situ untuk seri ini lg gak ready stock?
    -saya menemukan link toko online berikut (yg ready stock), tp barangnya kok sy kurang yakin?

    http://www.arlojijakarta.com/index.php?page=shop.product_details&flypage=flypage-ask.tpl&product_id=356&category_id=91&option=com_virtuemart&Itemid=64&vmcchk=1&Itemid=64

    http://www.serba-serbi.com/?vwdtl=ya&pid=1158&kid=all

    dan dari groupnya indojam

    web resminya

    http://www.alexandrechristie.com/products.php?ID=44&cID=4&scID=16&action=detail

    mohon pencerahannya mas….

    thx

    Untuk ukuran harga Rp 1.000.000 arloji yg satu itu sudah cukup oke, tp ingat hati-hati karena AC jg ada KW-nya. Belanja dari reseller yg buka webstore biasanya lebih murah dari agen. Kalo subdial (istilah ente chrono) dan tachymeter di arloji AC biasanya berfungsi dengan baik, kalo gak ya tinggal klaim garansi toh he he he… Dari dua web yg ente sebutkan itu ane gak enak komentarin lapak orang, monggo via japri aja ke arloji dot ggn at gmail dot com biar afdol…!!

     
  48. Jun Aslan

    17 April 2011 at 11:52

    Salam Pak Amos,

    Saya baru beli jam Alexandre Christie seri 6141MC seharga Rp 900.000. dibelakangnya di tulis All Solid Stainless Stell, W.R 50M (5ATM), 10/G020MC, 6141MC Cal:92. lengkap dengan buku garansi,buku service dan kotak.
    yang mau saya tanyakan yaitu:
    1. apakah jam itu memang benar asli atau palsu????
    2. bagaimanakah kualitas jam tersebut, apakah bagus atau jelek?
    3. sebelumnya saya sich saya pengen beli casio EF 543D, mana lebih baik diantara keduanya???dan mana lebih berkualitas secara keseluruhan AC atau Casio???

    hehehe..ane dah ulas di PRIVATE ARTIKEL tuh belum dibaca ya….secara umum AC itu kagak ada asli apa palsu lha wong AC sendiri itu kan merek lokal yg dibuat di hongkong. mutunya lumayan nggak jelek-jelek amat kok, nah kalau soal bagus mana AC ma CASIO ditinjau dari segi apa dulu ni…kalau dari BRAND ya jelas CASIO lebih bagus kan japan made…tinjauan lainnya nggak etis ane omong di sini call aja ya 021-98576294

     
  49. Amri

    7 Mei 2011 at 15:03

    Sy bingung mau beli arloji merek pa yg bgus hrga murah kuialitas bagus mksh.

    telponin ane 021-98576294

     
  50. kudoada

    10 Mei 2011 at 01:19

    bung admin maaf tanya lage jangan marah ya?? hehehe
    mw tanya nuy lo jam tanggan alexandre cristie 6125 itu pergerakannya tanggalnya manual ta? trus kacanya kira2 brapa ya??? trimakasih.. mohon maaf
    tolong bantuanya

    hahaha…kagak bakal dimarahi…kecuali ente kagak gosok gigi…wwwk…call 021-98576294 ya

     
  51. lulale

    15 Mei 2011 at 15:09

    Hai pak amos..
    ternyata asyik juga ya liat2 koleksi arloji
    jadi hoby nih, mau tau lebih lanjut..
    padahl awalnya hati berniat beli buat my husband
    eh”tak taunya jadi tertarik !
    yg saya mau tanya,g ada arloji merek quartz, terus di atas nya ada lambang santiago polo..body nya msih bgs,cuma mesinnya pertama diganti batery ,hidup tapi cuma bentar(tak sampe setngh jam)
    mati lg ..dah di bawa servis tetap aja gitu..kira2 apanya sih yg ngk beres? sebelum mati g jg jarang pakenya .. udah g simpan sangat lama..lebih kurang “5thn” ini baru berniat sehatkan..ha..ha..ha..

    thanks ya pak amos..

    wah…wah…yg jadi suaminya pasti berbahagia ni…ma sista LULALE…pertama-tama salam kenal juga ya. menjawab pertanyaan sista arloji yg dimaksud itu merek POLO “santa Barbara” mesin QUARTZ jadi arloji tidak ada yg mereknya QUARTZ karena quartz itu jenis mesin.. dari analisa sementara berdasarkan tulisan sista kemungkinan itu terjadi kerusakan di komponen yg namanya IC POLO umumnya menggunakan mesin buatan japan jadi kalau mau di SEHATkan meski direpair coba kontak 021-98576294 mudah2an ARLOJIKU bisa membantu biar makin disayang suami…ditunggu telponnya ya sista..

     
    • lulale

      19 Mei 2011 at 14:23

      makasih pk amos, ;~) hanya saja suamiku tu udah ada yang dia sayng,tapi gimana pun itu haknya,gua juga udah sngat senang bisa sayangnya,kalo suami di depan syng tp di belakng ngk syng kan sama aja boong,”bgs menyayangi dari pada disayangi!!!”hi..hi..jadi malu!! salah g ,hbs sebelum nya cuma hobi beli accessories ,ngk pernah beli jam, di kasih pernah,makany ngk tahu.haha..kalo tidak di repair mcm mana mau sehat!
      ok..kalo ada waktu g kirim..
      thanks pak,

       
      • Amos

        8 Juni 2011 at 22:55

        Hehehe bingung mau komen apa atur aja deh sista…

         
  52. kareemy

    17 Mei 2011 at 00:22

    Pak Amos,sy beli jam tangan Luminor Panerai Regatta Swiss ETA.Sy ragu apakah water resistant nggk?Makasih

    kalau ori berani air kalau replika sebaiknya jangan main air…ntar masuk angin repot wkwkwkwk

     
    • George

      18 Mei 2011 at 16:06

      Kalo original wajib water resistant pak…he he he… Atau jangan2 tidak original?

       
  53. Bayu

    2 Juni 2011 at 15:07

    salam kenal pak amos
    saya mau tanya mengenai mesin 21 jewel miyota japan.
    untuk kualitas mesin tersebut diatas bagaimana?
    lalu membedakan mesin asli dan mesin palsu bagaimana/
    sekedar info tambahan saya mau beli Alexandre Christie 3017 N

    hehehe untuk menjawab pertanyaan ente ARLOJIKU udah sediain ruang namanya KURSI alias kursus singkat kalau mau daftar call 021-98576294

     
  54. bambang

    3 Juni 2011 at 06:54

    Assalamu’alaikum
    saya senang sekali menemukan website ini
    saya mau bertanya barangkali berkenaan menjawab

    kenalan saya memiliki jam bermerk aviator akan tetapi kurang tahu cara penggunaannya seperti mengatur kelangsungan hidup jamnya

    jamnya sering mati, padahal sudah dipakai setiap hari,dan bila dilihat diwebnya sudah tidak memakain baterai
    diwebnya sudah bertuliskan juam tidak boleh diputar selain pull out dan putar clockwise, lalu bagaimana systemnya

    menurut bapak, apa yang harus kami lakukan untuk hal tersebut

    jika ente tinggal dijakarta call 021-98576294 janjian utk ketemuan
    sedangkan buku panduannya berbahasa rusia

    Terima Kasih sebelumnya

     
  55. dzikhri

    11 Juni 2011 at 19:46

    Ha ha ha..ternyata ane kecele, Bro Amos dah jawab mengenai Hamilton…he he he..Sorry yak, tai bacanya gak sampe bawah…Jadi sekarang punyanya Swatch ya, kayak Tissot juga? Mesin Eta itu juga punya Swatch bukan bro?

    swatch group memiliki pabrik mesin ETA, batrey RENATA yg dibawah group ini merek2 arloji diantaranya OMEGA,TISSOT,BREGUET,RADO,MIDO dsb.

     
  56. Pritom March

    2 Agustus 2011 at 11:23

    Om Amos…saya sangat tertarik dengan Arloji Montblanc Nicolas Rieussec Twin Barrels MB-25, kayaknya bagus tuh…tapi saya masih ragu karena belum pernah melihat secara langsung. Saya ragu terutama apakah sesuai digunakan pada lengan saya yg terbilang kecil. Mohon info, Arloji tersebut di Bandung bisa dilihat dimana ya? dan sekalian info harga yang original dan replika (kualitas terbaiknya) ya om Amos yang baik hati dan tidak sombong.
    Wassalam

    call ane aje sob 021-98576294

     
  57. rara20409

    8 Agustus 2011 at 02:44

    Salam kenal
    Saya punya 2 mido president, yang 1 commander 1nya lagi chronometer anehnya yang commander perpindahan hari sabtu k minggu ngadat apa perlu d servis, trims

    kalau kinerjanya tidak sempurna ya perlu untuk diover haul

     
  58. kiki

    11 Agustus 2011 at 13:41

    Sempet liat jam tangan merk guess di watch solution,, mereka jual yg asli ato kw ya?? Klo mow beli yg ori sbaiknya dmn ya?? Mkasie

    dear sista kiki (nggak pakai FATMALA)
    Jika jeng kiki hendak membeli GUESS tanpa sangsi dpt yg abal2 sebaiknya belilah di gerainya guess aja…di citra land ada…senayan city ada…ok jeng happy shoping ya (jangan lupa ajakin aku dong kuat kok kalau sekedar bawa paper bag…hahahaha)

     
  59. Fridie

    20 Agustus 2011 at 06:22

    Salam Kenal Bang Amos,

    Saya baru dapat hadiah dari istri sebuah jam CITIZEN ECO-DRIVE SAILHAWK seri JR4030-03E. Yang mau saya tanyakan apakah maksud dari ECO-DRIVE ?? maklum nggak ngerti tentang arloji nih. thanks.

    dear bro fridie (nggak pakai MERCURY)
    Selamat ya dapat hadiah dari BOKIN baik bener tuh BOKIN ente sob…(lebih bae lagi kalau adiahi ente ROLEX (hehehe)
    CITIZEN merupakan arloji merek jepang kelas atas setara dengan SEIKO, CITIZEN membuat terobosan teknologi dengan menelurkan (ayam kali nelur) mesin berteknologi ECO-DRIVE nah apa itu ECO-DRIVE? yakni mesin quartz yg mana batreynya bisa di charge dengan mengandalkan cahaya kalau pd merek SEIKO digunakan mesin KINETIK dimana gerak diubah menjadi listrik dimana batreynya dicahrge menggunakan putaran pendulum yg dapat menghasilkan listrik lantaran pendulum tsb memutar rotor genator mini…(pusingkan membaca penjelasan ini?) jadi singkat kata arloji hadiah BOKIN ente itu arloji canggih bin sophisticated (walah ngomong opo…) tdk perlu ganti batrey krn batreynta bisa dicharge pakai cahaya…tau caranya ngecharge? ikutlah KURSI promosi ni yeee wkwkwkwk

     
  60. Fridie

    22 Agustus 2011 at 02:57

    Wah, terima kasih banyak Bang Amos, jadi hadiah dari bini gue lumayanlah meskipun nggak semahal ROLEX Explorer II yang dipake Steve Mcqueen, dan lumayan juga buat ganti jam bandel CASIO PRG-110 saya yg udah mulai uzur, sukses terus Bang Amos, blog yang bagus untuk orang2 awam biar ngerti dikit2 tentang arloji……..thx a lot.

    hehehe ralat bro STEVE MCQUEEN tdk pakai ROLEX EXPLORER IItapi pakai TAGHuer MONACO (judul filmnya ane lupa)

     
  61. yusuf

    12 Februari 2013 at 00:28

    pak amos…saya berencana beli arloji setelah arloji swiss army jadul saya rusak dan fisiknya pun sudah buluk….
    pengen beli tag heuer formula yg replika swiss eta….tp lingkarnya max 40mm klo ada sih yg ga sampe 40mm karena tangan saya kecil (160cm/55kg)….apa pak amos punya seken nya ? ato klo misal hrg baru nya brp ? klo replika dgn mesin swiss eta apakah sama maksudnya dgn mesin vouljoux ?
    trus klo saya mau telp pak amos kira2 senggang jam brp ?

    ” bp yusuf sudah jadi beli ditempat kami trimakasih pak yusuf, semoga awet ”
    trims
    wulan admin.

     
  62. Gordon Levitt

    14 Maret 2013 at 19:43

    Pak Amos dan team arlojiku,
    saya senang menemukan blog yg mengupas jam seperti ini…
    saya termasuk pemula di dunia per jam tanganan, awalnya beli jam tangan cuma buat fashion aja, penunjang penampilan eh ternyata jadi tertarik untuk mendalami.

    sekarang ini saya memakai jam tangan casio edifice ef-562d, kira-kira ini jam bagus ato gak ya…? kemarin beli 1,3 jt di toko di pinggir jalan. katanya yang jual sih jam asli, tapi g tau juga… di toko itu jualannya merk casio semua, g ada merk lain… jadi y asal comot g bandingin antar merk…. hehehe…

    sekarang ingin menambah jam lagi bingung antara seiko dan victorinox swiss army, untuk victorinox tu mutu jamnya bagus gak? mengingat dia awalnya adalah pabrik pisau… soalnya naksir victorinox swiss army original. dan harganya berapaan ya untuk victorinox ini?

    Terima kasih…

    ” dua”nya bagus.. kalo mau yang kesannya mewah victorinox swiss army lebih kena, kalo seiko itu kan merk jepang, jadi kesannya sebagai arloji ” kelas dua ” soal harga tiap” tempat beda” jd kalo mau dapet yg murah bandingin aja dari satu tempat ke tempat lain.. happy hunting bro :)

    trims
    wulan admin

     
  63. soegiarto

    24 Februari 2014 at 22:06

    Pak.Amos…?Guy laroche saya rusak IC nya..servis di mana yang murah?

     
    • Amos

      28 Februari 2014 at 11:19

      To bro Soegiarto:
      Bisa di ARLOJIKU bro hub. 082124044464

       
  64. hemi

    29 April 2014 at 16:14

    menarik juga artikelnya. kalo saya punya budget 5-6 juta mau beli jam tangan buat wanita… yang worthed apa ya kira kira….
    thanks

     
    • Amos

      1 Mei 2014 at 07:56

      To HEMI: “dengan dana segitu bisa dpt CK, TISSOT, DKNY,ESPRIT tinggal disesuaikan dgn selera saja…namun jika mau bisa juga arloji 2nd TAGHeuer,OMEGA,LONGINES…

       
  65. Opik

    19 Juli 2014 at 14:19

    Mas among ane mau nanya nih ane kan bli jam swiss army tipe hc 72238 ane bli dengan harga 425rb an mesin quartz katanya mesin jepang menurut mas among bagus kgk..??

     
    • Amos

      19 Juli 2014 at 14:21

      Jawaban buat bro OPIK :
      dgn harga 425rb memamkai mesin japan sdh ok bro.

       
  66. Opik

    19 Juli 2014 at 14:50

    Tpi menurut mas among swiss army hc 72238 water resist ga soalnya ane cari di web kgk ada penjelasannya,, mau nanya ke tokonya lpa??.. kalau water resist kira” di kedalaman brp m??maaf nih jadi banyak nanya soalnya baru mengenal dunia arloji…
    Suksek terus buat ARLOJIKU…

     
    • Amos

      19 Juli 2014 at 14:52

      Jawaban buat bro OPIK
      Jgn kena air bro WR nya tdk teruji…selamat dtg didunis org gila arloji bro he3x

       
  67. edy lelono

    28 Agustus 2014 at 12:49

    Pak Amos, sy ingin beli jam replika…mohon untuk dikirim list jam yang ada+sekalian harganya..terima kasih banyak…

    Jawaban
    Add pin bb 7695340c LINE 081280403469 atau hub. 081280403469 untuk detail peemintaan

     
  68. amos

    22 Desember 2010 at 15:42

    1. Serial number tidak selalu di tulis komplit kadang di singkat.
    2. Hamilton itu merek amerika kolaps lalu di akuisi oleh SWATCH GROUP hamilton masuk klasifikasi medium end sejajar ma TAGHuer tp msh kalah kelas dengan TAGHuer

     
  69. amos

    17 Januari 2011 at 06:45

    harga di juanda memang lebih mahal dibanding pengecer, jadi harga tidak bisa jadi patokan asli atau palsu

     

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 399 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: