RSS

UNIVERSAL GENEVE : Radja ketjil tempo doeloe

06 Feb

Banyak diantara kita para watch lover yg kurang paham dengan merek UNIVERSAL GENEVE (UG) bisa karena merek ini tidak begitu populer di Indonesia serta dipercaturan arloji duniapun UG seperti ditelan oleh kebesaran brand-brand swiss yg hingga kini kian meraja lela.

Sedikit menguak sejarah ternyata UG bukanlah anak bawang dalam industri arloji swiss, ada satu diantara sekian banyak koleksi UG yg patut untuk kita perbincangkan satu diantaranya ialah UNIVERSAL GENEVE : POLEROUTER DATE. selain seri-seri UG yg masuk kategori most wanted lainnya seperti UNIVERSAL TRICOMPAC yg amat prestisius itu.

Bagi anda penyuka arloji tua mungkin sudah bukan nama baru jika UG seri POLEROUTER menjadi target buruan, meski sudah mulai susah mendapatkannya dalam kondisi yg layak pakai mengingat tahunproduksi terakhir seri ini kisaran 1960-an.

POLEROUTER adalah hasil karya maestro arloji papan atas GERALD GENTA diperkenalkan pertama kali th.1958 menggunakan teknologi mesin arloji automatik bumper. POLEROUTER sendiri merupakan istilah yg dipergunakan untuk menyebutkan “jalur penerbangan eropa ke california” dimana waktu itu teknologi arloji belumlah sehebat sekarang ini maka mengatasi medan magnet tinggi diseputar wilayah scandinavia bukan perkara mudah.

Adalah UNIVERSAL sebuah perusahaan arloji ternama swiss yg telah malang melintang sejak 1894 menerima tantangan ini sehingga lahirlah seri yg kemudian hari melambungkan nama UG kekancah perarlojian dunia, yang kita kenal dengan nama POLEROUTER.Hingga akhirnya UG menjadi “official timekeeper” pada maskapai SAS (SCADINAVIAN AIR SERVICE)

Pada tahun 1960-an mesin yang dibenamkan pada seri polerouter menggunakan teknologi mutakhir (setidaknya sampai sekarang juga tidak banyak yang memakai mesin model seperti ini) yakni MICROTOR dimana rotor automatik yg umumnya berada diatas rangkaian mesin berbentuk 1/2 lingkaran digantikan dengan rotor automatik yg kecil (micro).
Mesin ini hasil karya inhouse UG jadi menurut hemat saya UG dalam hal ini seri POLEROUTER baik yg pakai DATE maupun tidak adalah seri yg wajib dimiliki bagi siapa saja yang menahbiskan dirinya sebagai penyuka arloji.

 
3 Komentar

Ditulis oleh pada 6 Februari 2010 in Artikel

 

3 responses to “UNIVERSAL GENEVE : Radja ketjil tempo doeloe

  1. madison

    8 Februari 2010 at 01:22

    pertamax…

     
  2. Harjadi

    10 Agustus 2010 at 05:27

    Salam kenal, saya baru tahu ada ‘club arloji tua’, saya menyukai arloji tua, juga ortu saya menyenangi jam tangan kuno. Dalam hal sejarah dan cerita dibalik merek2 jam tangan tua sangat minim saya ketahui, mungkin di forum ini banyak rekan2 yang mengetahui informasi jam tangan tua. Good job, sukses selalu

     
  3. Ada alamat tempat ngumpul2 gak om

    14 Desember 2010 at 07:15

    Boleh info2 nya buat nambah pengetahuan

    ya nih bro…nambah pengetahuan buat ente pade nambah duit…buat ane…wkwkwk makasih ya dah kunjung-kunjung gabung dong di arlodjikoe_group@yahoogroup.com

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: