RSS

JEJAK LANGKAH ARLOJI ‘GARUDA’

29 Okt

garuda03watches 682watches 681watches 680garuda 01garuda13garuda09garuda06

Bersamaan dengan event asian games pertama dijakarta tahun 1962 jakarta berbenah, mulai dibangun stadion ISTORA, HOTEL INDONESIA lengkap dengan tugu SELAMAT DATANGnya. pokoknya jakarta meriah waktu itu.

Soekarno selaku penggagas event akbar ini hendak memberitahukan kepada dunia bahwa negara-negara bekas jajahan imperialisme barat bukan bangsa tempe! begitu sering Beliau dengung-dengungkan.

alhasil lahirkan kekuatan baru dari negara bekas jajahan, yg tidak bermental tempe (sayang waktu itu mendoan belum terkenal) nah, karena event tersebut maka sebagai tuan rumah jakarta benar-benar berbenah.

sebagai orisinal sovenir arloji adalah TITUS (saya usahakan memunculkan sosoknya) GARUDA menjadi icon yg muncul di gelaran akbar banyak model yg dilansir mulai dari BADMINTON 5 hingga elegant.

KAJIAN TEKNIS

sebagai arloji lokal saya sudah pernah menyinggung bahwa GARUDA memakai movement RONDA, BIDINATOR dan mesin hand winding swiss part yg kurang terkenal (maaf saya tidak tahu mereknya) yg dirakit di hongkong.

dari sekian banyak pilihan mesin(movement) hanya BIDINATOR yg bergengsi (karena BREITLING salah satu serinya pernah pakai mesin merek ini).

RONDA MATIC (lihat digambar) merupakan mesin automatik swiss yg waktu itu amat populer selain ETA 2836. mesin ini terkenal bandel dan tahan banting sebagaimana RONDA QUARTZ dewasa ini RONDA MATIC menjadi jaman itu raja kecil untuk pemasok movement arloji.

CASE,STRAP AND MODEL

jika menilik beberapa koleksi diatas sampailah kita pada satu kata : OLD SCHOOL punya bro! mang benar GARUDA itu peninggalan jaman dulu alias JADUL. jadi semua-semuanya masih OLD STOCK.

casing GARUDA umumnya menggunakan stainless steel back artinya yg terbuat dari stainless steel hanya bagian belakangnya saja alias tutupnya. sementara case terbuat dari kuningan sehingga suatu saat pasti keropos.

case model seperti ini tipe arloji kelas bawah, namun sebagai pelipur lara banyak atau ada juga yang diberi lapisan emas (difoto ada yg berteknologi seperti ini).

STRAP

Strap GARUDA tergolong inovatif untuk jaman itu dimana berekplorasi dengan memakai vinyl (umumnya disebut kalf) sebagai bahan strap. Hal ini untuk mensiasati mahalnya biaya produksi strap berbahan dasar kulit.

MODEL

ada beberapa model yg menurut saya unik (sayang saya belum berhasil menampilkan fotonya) yg emang khas sebagai arloji JADUL namun kalau menurut hemat saya sangat RETRO.. jadi GARUDA sebenarnya bukanlah arloji kacangan (silahkan jika anda berpendapat lain dengan saya).

KESIMPULAN

Impian menerbangkan kembali GARUDA adalah mimpi yg berlandaskan sebuah idealisme sama seperti ketika SOEKARNO mencetuskan ide ASIAN GAMES sebagai tandingan even sejenis dari negara barat (baca: imperialis) namun seperti halnya kendala waktu itu yg muncul adalah komentar sumbang : “kurang kerjaan hari gini mimpi kayak begituan!”

Semoga lewat tulisan ini yg terus menerus saya dengung-dengungkan ada diantara anda para pengunjung blog ini yg tertarik lalu bersama kita mewujudkan.

ROLEX dahulu idenya dimulai dari obrolan dua orang ‘gila’ disuatu kedai kopi di Inggris namun sekarang semua orang dibawah kolong langit ini tidak ada yg tidak kenal dengan apa yang namanya ROLEX (berasal dari bahasa sepanyol ROLAJES EXELENTES).

Aneh bukan lahir dari buah pemikiran imigrant jerman,dimunculkan pertama kali di Inggris, namanya berasal dari bahasa sepanyol namun beken di SWISS.

Siapa tahu GARUDA suatu saat mendunia diprakarsai oleh orang gila dari semarang,diproduksi dijakarta,terkenal sampai keujung dunia..(bermimpi bolehkan? mumpung mimpi tidak di pajakin..)

 
4 Komentar

Ditulis oleh pada 29 Oktober 2009 in Artikel

 

4 responses to “JEJAK LANGKAH ARLOJI ‘GARUDA’

  1. haryo

    8 November 2009 at 13:59

    om…. pernah liat mesin garuda yg ada printed tulisan “garuda” gak?…

    gw punya dua… yg satu automatic dgn bandul printed d mesin “garuda”. yg satu lagi puter printed d mesin “garuda watch co”…

    ntar mesin gw photo utk d publised…

    “ok! ditunggu ya..”

     
  2. cempaka

    3 Juni 2014 at 13:48

    om gw baru banget nih beli jam Garuda, baru denger juga mereknya… Garuda 21 jewels ministar, modelnya jadul tapi keren lho…..
    bangga bisa pake merek kita sendiri

     
    • Amos

      6 Juni 2014 at 10:59

      Jawaban buat CEMPAKA
      Selamat ya simpan dan dirawat buat bahan cerita anak cucu kita

       
  3. bunayya saifuddin

    2 Oktober 2014 at 16:21

    aku punya arloji garuda mulus 3 jenis,,,yang paling aku jagokan garuda night black,,,aku pakai bila ke pesta dan berkomunitas hiking dan camping di gunung…

    KOMENTAR DARI REDAKSI:
    hebat bung! Pertehankan kalo bisa nambah tu koleksi…

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: