RSS

QUARTZ Vs AUTOMATIC

09 Nov

watch lover yg berbahagia senang rasanya dapat menjumpai anda dalam serial artikel baru, kali ini saya ingin berbagi pengetahuan dengan anda khususnya watch lover pemula mengenai apa itu quartz dan automatic disamping akan saya bandingkan kelebihan dan kekurangan diantara keduannya.

Mudah-mudahan tulisan berikut ini bermanfaat buat anda dalam menentukan jenis mesin arloji yg akan dibeli. selamat membaca!

APAKAH QUARTZ ITU?

Mesin arloji jenis ini pertama kali diperkenalkan oleh pabrik asal amerika HAMILTON diera tahun 60-an lalu berkembang pesat setelah SEIKO melakukan serangkaian inovasi.

Pada arloji quartz sumber daya utama berasal dari batrey umumnya bervoltase 1,5 – 3v berbentuk kancing itu sebabnya lebih dikenal dengan sebutan button cell.

arloji quartz rata-rata memiliki tingkat akurasi yg bagus (dari yg murahan hingga yg mahal). Daya tahan batrey pada arloji quartz rata-rata 1 th walaupun casio (salah satu produsen arloji japan) mengeluarkan seri ‘ten years battrey’.

Kekurangan arloji jenis ini umumnya pada usia atau dalam istilah teknis disebut ‘daya tahan’ kompenen yg terbatas, maka tidak ada atau nyaris tidak ada arloji jenis quartz yg berusia lanjut (disamping tahun diperkenalkannya saja baru era 60-an) lebih dikarenakan keterbatasan daya tahan komponen.

Pada arloji bermesin quartz ada tiga komponen penting yakni batrey,Ic&coil serta gear train (susunan roda/mekanisme).
dari ketiga yg saya sebutkan diatas hanya gear train saja yg mampu berusia panjang selebihnya rata-rata 1-3th.

Pada jenis quartz digital memungkinkan sekali untuk ditambahkan aplikasi yg canggih seperti compas,alti meter,barometer,depth meter, mp3 bahkan yg paling terbaru sekaligus alat komunikasi (wrist phone).

Jika mengalami kerusakan secara umum arloji jenis quartz berbiaya cukup mahal komponen yg paling mahal adalah IC untuk model tertentu ada kemungkinan mengalami kesulitan dalam hal mendapatkan suku cadangnya.

APA ITU ARLOJI AUTOMATIC?

Arloji automatic mulai diperkenalkan awal abad ini oleh PERRELET dimana pertama kali justru diaplikasikan diarloji saku baru berkembang dan dipasang diarloji tangan oleh OMEGA di tahun 30-an.

Arti automatik memiliki konotasi “tidak perlu diputar” dimana pada jaman itu arloji umumnya menggunakan mesin HAND WINDING (diputar tangan).
Dengan diperkenalkannya teknologi matik maka pergerakan lengan tangan diubah menjadi energi yg memutar pegas dalam sistem mesin arloji.

Teknologi mesin automatik memiliki kekurangan yakni durasi pegas yg terbatas jika arloji tidak dikenakan membuat mesin arloji mati (tidak bergerak) umumnya arloji automatik memiliki durasi 48jam.

Disamping itu sebagaimana arloji mesin (baca: bukan elekronik) memiliki kelemahan di sektor akurasi walau dewasa ini sudah banyak arloji automatik yg akurasinya bagus namun rata-rata harganya mahal.

Namun jika anda baca artikel saya yg berjudul ARLOJI :KOLEKSI DAN INVESTASI maka saya mencantumkan ada 3 hal dasar yg membuat sebuah arloji memiliki nilai investasi yakni : MEREK,MESIN dan SERI nah mesin yg masuk kategori investasi adalah automatik (disamping HAND WINDING). Jadi jika anda ingin membeli arloji untuk dikoleksi serta dijadikan sara investasi tidak salah lagi pilihlah yg menggunakan mesin mekanik (HAND WINDING atau AUTOMATIC).

KESIMPULAN

Ada beberapa alasan orang membeli arloji namun jika anda termasuk orang yg simple nggak mau repot maka arloji bermesin quartz cocok dikenakan dipergelangan tangan anda, namun jika anda berselera tinggi, serta gemar mengoleksi arloji (juga investasi) maka automatic merupakan pilihan jitu.

Namun apapapun jenis arloji yg anda pilih pilihlah dengan ‘pengetahuan’, jangan tergiur iklan tv apalagi kalau karena pramuniaganya seksi..
Dan dan saya akan bantu anda merawatnya nanti..
salam ARLOJIKU
amos

 
33 Komentar

Ditulis oleh pada 9 November 2009 in Artikel

 

33 responses to “QUARTZ Vs AUTOMATIC

  1. hans

    10 November 2009 at 05:55

    Betul mas saya setuju sekali pendapat mas, utk koleksi baiknya yg automatic krn tahan lama. tp kalau tidak mau susah dan ribet pakai quart , masing2 ada kekurangan dan kelebihannya , kalau saya pribadi hanya interest yg automatic krn bernilai seni tinggi terima kasih

     
  2. gatot siswanto

    10 November 2009 at 09:45

    salam kenal, saya gatot dan saya mulai tertarik kalo melihat jam automatic, mungkin jika diperbolehkan, saya akan banyak bertanya ttg jam kpd Anda.

    “dengan senang hati bisa call di 021-98576294″

     
  3. jony a

    24 November 2009 at 07:41

    * betul!!! automatic selangkah lebih menguntungkan klo buat di koleksi. karena semakin lama, nilai history jam tsb akan semakin tinggi nilainya (bisa juga buat invest).

    * saya mulai tertarik jam automatic setelah membaca artikel di majalah / blog yg ada & juga atas saran dari seorang teman. dan sekarang sya baru mengoleksi 2 Seiko matic (diver & speedtimer/chrono). dulu saya suka quartz karena lebih praktis, tp SEKARANG yg quartz sebagian besar sudah sy bagikan ke adik2 saya.

    * rasanya lebih Mantabz & PD saat memakai jam automatic, karena tidak semua orang (+- 10%) dari semua pemakai jam yg saya jumpai memakai jam automatic.

    * itu sekelumit cerita saya mengapa saya jadi suka memakai jam automatic.

    “akur bro..setuju (pakai 2 jempol he..123X)”

     
  4. Fery

    5 Maret 2010 at 19:44

    Sy baru beli arloji swatch irony automatic type yas100g, yg mo sy tanyakan apakah bisa rusak mesinnya klo tdk prnh digunakan atau disimpan saja krn memang tuk koleksi, tlng infonya mas amos, terima kasih.

    kalau disimpan lama sekali-kali diidupin jangan kelamaan dalam kondisi tidak berfungsi. biasanya menggunakan automatik rewinder machine, tapi mahal jadi manual aja diputer knopnya untuk ngisi pegasnya (seperti pada arloji manual winding)

     
  5. Jimmy

    6 Maret 2010 at 12:09

    Mas, saya mau tanya tentang mesin Seiko otomatis. Apakah mesin Seiko 7S36 merupakan mesin dengan kualitas terbaik dibandingkan dengan mesin 7S26, 7S35, dll?

    mesin tersebut perkembangan dari tipe sebelumnya sudah pasti penyempurnaan dari versi lama

     
  6. gumi

    19 Maret 2010 at 06:53

    Om..
    Mau tanya…
    Kalo diliat dari tampang,calibre dan jumlah jewel-nya antara arloji Seiko SNZG09J1 dan SNZG09K1 sama persis…sis…sis.
    Yang membedakan cuma satu yaitu SNZG09J1 adalah Made in Japan. Pertanyaannya adalah made in mana kah yang SNZG09K1 ? Tau nggak om….?
    Dan apakah menurut om, SNZG09J1 yg Made in Japan itu pasti kualitasnya lebih baik ?
    Soalnya banyak toko arloji yg jual SNZG09K1 mengaku itu asli dan ada garansi resmi nya (dari SEIKO)…
    tolong jelasin dong om..soalnya saya naksir berat sama arloji itu ?

    negara penghasil teknologi arloji dewasa ini yg memiliki standar mutu tinggi selain swiss eropa/amerika adalah jepang,maka dari itu arloji produk jepang (baca: japan made) pasti lebih mahal dibandingkan merek sejenis produk non jepang. Kenapa mahal sudah barang tentu bagus sebenenarnya apa yg membedakan kan kok ada seiko japan dan seiko non japan ya itu tadi biaya produksi. seri tertentu dikarenakan untuk pasaran (terget market) menengah kebawah umumnya tidak dibuat di jepang sedang untuk kelas medium hingga premium tidak jarang justru dilansir dijepang agar standar mutunya terjamin.
    untuk bidikan yg diincar mohon maaf ane belum tau seri itu diproduksi dinegara mana mungkin ada pembaca yg tau?

     
  7. Andi M

    17 Mei 2010 at 12:58

    Sory ganggu, mau tanya nih, kebetulan saya dapat kerjaan motret jam Seiko dengan model Caliber 7s26B dan 7s36, ada yang bikin bingung, ternyata ketika crown ditarik seluruhnya jam tidak berhenti!
    trus saya baca manual book_nya ternyata pada saat menarik Crown nya harus berada tepat di pukul 12:00, tp saya coba2 tetap aja gak bisa, dan jam nya terus berjalan!
    mohon pencerahannya!

    Regards.
    Andi M.

    mesin 7s26B merupakan produk jepang dimana mesin automatik produksi jepang tidak menggunakan HEX SYSTEM atau “stud mat” yakni jika crown/knop ditarik penuh (umumnya 2x klik) mesin akan berhenti jadi ya emang bener yg ente tulis diatas mesin tetep aja ngeloyor meski crown udah ditarik. perpindahan kalenderpun tdiak dianggka 12 so lain lubuk lain ikannya lain pabrikan lain caranya bro..

     
  8. abdul azhim

    18 Mei 2010 at 20:09

    -grey market-

    baru2 ini saya hunting jam tangan yang cocok dengan selera, akhirnya ketemu lah sama SEIKO SNK805K2 dengan automatic movement 7S26B.
    kelemahan movement automatic memang ada di tingkat akurasi pengukur waktunya, namun toh ini tidak menjadi masalah karena saya men-set ulang waktu perminggu atau 10hari sekali.
    terima kasih atas artikel ini, karena penjelasan tentang automatic movement yang lebih awet umurnya. :) (jadi nambah pengetahuan nih) ;)
    * semoga tambah barokah pengetahuannya om yang dibagi-bagikan gratis di sini, aamiin :)

    saya sempat penasaran dengan sistem distribusi jam tipe ini, karena dengan harga murah bisa dapet seiko, five pula.. B-)
    akhirnya saya ketemu bahwa distributor jam ini berada di zona grey market.
    yang menurut penjelasan, grey market bukan barang ilegal, namun lebih merupakan barang yang belum memenuhi standard kualitas dari produsen. barang ini dipasarkan di pasar abu-abu adalah dengan menarget kelas menengah (ke bawah) dan untuk melihat respon dari pihak konsumen.
    tidak ada lagi penjelasan tambahan yang bisa memuaskan rasa ingin tahu saya tentang sistem distribusi ini.

    saya heran kenapa merk senior memerlukan sistem distribusi ini, bukannya konsumen pasti nyari kualitas baik kalau mengincar merk dari pemain lama?
    7S26 self winding juga merupakan sistem movement yang tangguh di arloji, automatic pula. koq bisa murah ya 7S26B?

    jawabnya blak-blakan aja om.
    santai aja, saya gak bakalan kolaps koq, karena ketahanan saya kyh g-shock resistant.. :D hahaha.. :D

    makasih om, udah nyediain wadah ARLOJIKU ini, walau saya belum tergolong watch-lover (akhir2 ini baru mengendus-endus karena penasaran aja koq) :p
    semua artikelnya keren-keren ah, maju terus ARLOJIKU :)

    terima kasih buat respon positifnya, menjawab pertanyaan ente kenapa bisa murah ya itulah pedagang indonesia penuh terobosan bisa jadi itu toko jual barang black market atau istilah enete grey market..bisa jadi asli tapi tidak lewat jalur resmi atau mungkin bisa saja itu tiruan (soalnya mesin 7s26b itu juga dijual bebas sama seperti ETA 2836)

     
  9. patrick

    19 Mei 2010 at 05:09

    mau tanya nih om.. klo seiko 5 automatic gold yang SNXJ94K1 itu termasuk arloji antik ga yah? trus kualitas mesinnya gimana?
    thx.

    SEIKO vintage atau antik itu tipe nya buka 5 melainkan SEIKO CHRONOMATIK,BELMATIK dan WORLD TIME secara umum SEIKO 5 memakai mesin 7s26 kalau yg lama 7009 mutunya lumayan handal.

     
  10. abdul azhim

    20 Mei 2010 at 16:45

    waw.. makasih atas penjelasannya om :)
    singkat namun sangat memuaskan..
    baik om, saya telusuri lagi ke arah ETA2836

    maju terus ARLOJIKU :)

    aminnnn…..

     
  11. Alin

    9 Juli 2010 at 01:30

    wah, nambah wawasan tentang ‘jam-jam’an nih tulisannya mas.
    Numpang nanya ya Mas, saya awam tentang jam, tapi suka pake jam.
    nah, sy punya arloji SEIKO 270410 (maaf, ini nomer yg sy temukan dibelakang tutup mesinnya)…..sy tahu ini jam hand winding, fatalnya:) sy meninggalkan box cara pengaturannya di Indo sementara sy awam bagaimanana cara menyetel jam hand winding.
    di jamnya terdisplay hari, tgl, 3 jarum masing masing penunjuk detik, jam. Saat ini sengaja saya tidak memakainya, sehingga jam dlm kondisi mati.

    Mohon saran bagimana cara menyesuaikan waktu ya mas.
    Sukses buat ARLOJIKU,
    salam

    arloji hand winding itu menggunakan penggerak utama pegas yg energinya diperoleh dari putaran pegas tadi dengan cara di engkol (baca:puter) melalui knop/crown kedepan ati2 pegasnya memiliki pengunci apabila sudah mentok jangan dipaksain. cara mengatur waktunya cukup di tari knop/crown tadi kalau yg sudah menggunakan sistem QUICK SET DATE mencocokan kalender cukup knop ditarik sekali tapai kalau yg belum kalender pindah dalam itungan 24jam jarum muter terus…calau masih kurang jelas call 02198576294

     
  12. hannz

    19 Juli 2010 at 17:16

    mau tanya mas saya bru beli tisot otomatis tipe TO35627A tp tak ada idikator level batery nya gimana taunya baterynya sudah terisi penuh?trus klo ga dipake dan diputar 32x hanya dpt bertahan 18 jam apakah normal?dan bila keadaan mati dan hanya diputar crown nya saja sebanyak 32x tak mau gerak jamnya harus dibantu digoyangkan apakah itu normal?karena di buku petunjuknya tertulis 48jam bila diputar 32x dan bila tak diputar dan hanya dikocok sebayak 300 kali hanya dapat bertahan 5 jam apakah itu normal?karena saya punya jam automatic police yg ada indikator batrey nya dan bila dikocok sebayak 300x atau diputar 32x dpt bertahan 48 jam mohon penjelasanya,terima kasih atas perhatianya

    dear bro hans…

    bro otomatis tidak ada indikator batrey…karena otomatis emang tidak pakai batrey…so emang paling enak kalau sebelum mengenakan arloji otomatis itu di hand winding dulu beberapa kali (mengenai jumlah tidak ada patokan pasti yg jelas sampai dia punya jarum detik bergerak sendiri) nah sesudah itu baru dikenakan, apabila kondisi mesin normal maka kekuatan pegas bisa lebih dari 24jam kalau kuarang dari itu bawa ke tukang reparasi untuk dicek apakah pengisiannya normal..bila kurang jelas dari keterangan ane ini silahkan call 021-98576294

     
  13. Dicky

    2 Agustus 2010 at 11:47

    salam kenal om…

    saya gak tau nie salah kamar ato gak nulis comment ini…

    tapi saya newbie soal beginian. salut buat om yang banyak perbendaharaan ilmunya tentang arloji.

    mw tanya nie om saya minat sama arloji seiko world timer sportura seri SNJ007 atau SNJ011 kira kira bagus gak yah kualitasnya….?

    trus ada gak merk laen selain japan made yang mirip fungsi dan modelnya??

    satu lagi nie, mama saya punya arloji merk bonia… entah kenapa waktunya selalu terlambat padahal baru beli, ada yang tau gak ya dimana tempat servis jam bonia yang terpercaya kalo ada yang tau di daerah surabaya?

    terima kasih.

    nulis komen disini nggak salah…kok yg salah ane karena jawabnya lama..wkwkwkwk..
    wah yg ente tanya lumayan berbobot. SEIKO world timer itu seri komplikasinya seiko merek lain yg sejenis ada CASIO. Sedangkan service cntre BONIA disurabaya..ane kagak tau tuh..biasanya bisa dibawa ke toko tempat mama ente beli, klaim saja

     
  14. arman

    20 Agustus 2010 at 07:13

    mau tanya bro, saya punya Hublot automatic (replika) dan saya punya masalah dengan cara menghidupkan mesinnya.
    yang mau saya tanya, bagaimana cara “mengisi” atau menyetel jam automatic ini yg sebenarnya karena dari informasi yg diberikan, saya disuruh mutar kearah belakang sebnyak 10x sebelum dipake tapi setelah saya lakukan dan memang mesin jam hidup/jalan tapi tak berapa lama kemudian mesin mati atau berhenti padahal dalam keadaan dipake ditangan
    Tapi lebih sering mesin tetap hidup namun lama kelamaan menjadi lambat sehingga menunjukkan waktu yg tidak tepat/akur lagi…..
    jadi mohon petunjuk bagaimana menyetel jam automatic ini sebenarnya, biar ga salah praktek
    makasi

    kalau ente di jakarta kita ketemuan aja ntar ane ajari gratis…call 021-98576294

     
  15. arif

    13 September 2010 at 19:20

    saya adalah salah satu tukang service arloji,ingin mencari pekerjaan tukang service jam .
    jika ada tolong informasikan ya…

    coba call 021-98576294

     
  16. Kunkun

    14 September 2010 at 03:32

    Dear Oom,

    Saya punya jam tangan Automatic Seiko 5 seri 7S26B, yang mau saya tanyakan.. koq jam saya ini pergerakannya cepat sekali yahh.. dalam satu minggu sejak di setting dengan waktu yg sebenarnya.. setelahnya selalu kelebihan waktu 5, 10 menit… dst nya… kenapa dengan jam tangan saya ini ???

    itu permasalahan yg umum terjadi pada arloji mekanik hanya perlu overhaul setting ulang dan sinkronis…call 021-98576294

     
  17. tugtug

    18 Oktober 2010 at 03:54

    om, mau tanya dong…
    saya pake ORIS proDiver Chronograph automatic, ada tanggal dan hari…yang saya mau tanya, kok susah banget cocokin tanggal dan harinya biar klop, gimana ya caranya?
    , dan ORIS kok perpindahan harinya tidak pada jam 12, melainkan pada pukul 3, apakah itu normal?
    (saya beli di ostrali, jadi ga mungkin balik ke tokonya untuk tanya2)

    trims
    ya om

    sepertinya ada problem tuh mesinnya mungkin main sprinnya dah mengkristal minyaknya jadi berat kerja gear trainya kagak usah ke ostrali ARLOJIKU bisa benerin kok coba call 021-98576294…

     
  18. herlinda rasyid

    21 Oktober 2010 at 06:00

    mau tanya punya stok jam dinding seiko Quarts clock ;list warna silver sebanyak 20 bh ?

    call me at 021-98576294

     
  19. Toni

    24 Oktober 2010 at 18:32

    mau tanya nih Mas Amos, kn ktnya jam tangan automatik jg bisa diputar bila sedang tidak kita pakai. Berapa kali putaran kah kita harus memutarnya? sebab saya takut kl kebanyakan bisa putus pegasnya, dan apakah harus setiap hari diputar atau hanya beberapa hari sekali? thanks ya Mas.

    mesin automatik eropa semua dual power artinya bisa hand winding maupun matik berapa kalinya nggak ada patokan pasti yg jelas ampe besok pagi ente puter juga kagak bisa putus pernya…cukup saat mau ti lepas (mo tidur) ama saat mau dipakai aja

     
  20. sekar

    25 Oktober 2010 at 12:31

    gan,mau tanya kalo citizen 8NO787 eco drive mati krn cuaca -4derajat.bisa tidak diganti mesin citizen baterai?yg katanya tukang reparasi hrg 150rb asli,bener gak tuh?tg gan

    call 021-98576294 ditunggu ya

     
  21. suhodo

    1 November 2010 at 09:33

    Bos Bisa benerin arloji automatic kah??
    cara kirimnya kemana???

    kalau jakarta kontak 021-98576294 kalau luar kota kirim ke jl. cibodas raya 98 PERUMNAS I TANGERANG

     
  22. Freddy

    4 November 2010 at 03:11

    Hallo Pak Amos, sedikit mau tanya nih,

    Liat – liat web nya MIDO, ada MIDO OCEAN STAR CAPTAIN IV series, cari – cari di seputaran Lippo Mall ga nemu, saya contact ke importir nya PT. AD-TIME sampe sekarang ga dibalas – balas emailnya, telpon ga diangkat-angkat , mungkin Pak Amos bisa tau dimana cari MIDO yang lengkap ?

    Terima kasih .

    MIDO mang rada error…meski lebih sabar ngubernya kali sob…but coba ane bantu nyari ntar kontak ane di 021-98576294

     
  23. Andry

    8 November 2010 at 13:20

    Hallo pak,saya baru beli panerai GMT 88,yang KW sih..udah coba puter2,tapi tetep ga mau jalan mesinnya,kira2 kenapa ya pak?? baru pertama punya jam matic soalnya..

     
  24. ipin

    28 November 2010 at 07:20

    Om Amos, salam kenal.
    Senang bisa nemu halaman ini :)

    saya pakai Citizen ATTESA ECO-DRIVE sudah sekitar 15 thn belum pernah ada masalah, puter-2, bahkan ganti battere . Kebetulan ini dapetnya di jepang.

    Pertanyaannya, apakah jam spt yg saya pakai ini perlu overhaul utk bersih-2, oil-oil, atau yg lain?

    Mohon saran utk hal tsb diatas.

    Terimakasih

    kalau belum bermasalah sebaiknya nggak usah ECO-DRIVE itu bawel…hehehe…sekalian aja kalau ganti ka[pasitoernya baru di over haul…

     
  25. harry

    28 November 2010 at 08:44

    saya mau tanya mas, bisa ga kalo jam automatik d ganti mesin dgn quartz??

    waduh….itu operasi besar bro…napa matik mau ganti quartz…napa nggak ganti (baca beli) aja lagi?

     
  26. Atila Putra

    23 Januari 2011 at 02:12

    Hi om amos, lam knal ya
    wah asik juga neh ada wadah kayak gini,
    ane kbetulan juga baru punya jam matic “Patek Philippe Geneve REF.7901W” & istri “Patek Philippe no. 07″
    Ane mo tanya nih, kalo jam matic kayak punya ane ini sistem pengisian tenaga penggerak mesinnya dg ayunan tangan/diputar untuk mengaktifkan pegasnya????
    Satu lagi om, jam matic itu anti air ga sih, bisa di ajak berenang ga????

    matik secara prinsip emang pegas diisi dengan gerakan memutar pendulum/bandul otomatis…tapi mesin eropa (baca:swiss) bisa di puter pegasya seperti halnya arloji hand winding…kalau berenang ngajakin saya aja bro bis itu ngajakin makan…nah pulangnya ngajaikin naik taksi…jadi dijamin ente bangkrut…wkwkwkwk tidak semua arloji matik bisa diajak berenang karena arloji yg bisa diajak berenang punya sepesifikasi sndiri…udahlah ngajakin saya aja mau ya..ya…

     
  27. Fajar

    2 Februari 2011 at 03:11

    jam autometik saya ko satu menitnya 53 detik gimana tu…

    sisanya di ambil GAYUS tuh…wkwkwkwk

     
  28. siska

    18 April 2011 at 20:29

    aku punya alroji automatik
    tpi mati trus mungkin jarang saya pakai
    tetapi ketika saya pakai tetep saja terkadang nyala trkadang mati
    itu bagaimana yah????

    sepertinya mesti etemu dengan saya nih…hehehehe (arlojinya nggak knapa2 cuma butuh OVER HAUL saja call 021-98576294)

     
  29. gatot

    16 Mei 2011 at 13:18

    nanya gan..
    lagi hunting Seiko Men’s SNZJ67 Seiko 5 Stainless Steel Black Dial Watch..bagus nga gan buat koleksi??
    ~peminat awam~

    mayan bro…kalau mau nambah koleksi call 021-98576294 ada koleksi SEIKO DIVER

     
  30. Deden

    14 Juni 2013 at 09:24

    keren bang amos… saya juga pilih jam automatic biar bisa di warisin heheh..

    sip…laksanakan

     
  31. denni hadiyanto

    22 Februari 2014 at 08:25

    salam kenal..
    sebelumnya saya newbie mengenai jam tangan terutama jam tangan automatic dan bermerek.
    kebetulan saat ini saya dapet jam tangan bekas bokap merek omega automatic.
    tipenya Omega speedmaster automatic chronometer.
    sebenernya banyak yg pengen ditanyain mengenai jam ini.
    kalo pengen tau jam ini asli replika atau KW atau istilah2 yg laen itu gimana ya?
    terus cara perawatan dan cek kondisnya..
    hal ini karena saya mulai tertarik mengenai jam tangan terutama jam tangan automatic.
    mohon pencerahannya.
    trims..

     
  32. amos

    26 Februari 2011 at 04:47

    Sebelum di overhaul, kemungkinan besar akan terjadi seperti itu lagi..

     

Berikan Balasan

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 400 pengikut lainnya.

